Putin Hadiahkan "Iphone" Rusia kepada Presiden China

Presiden Rusia, Vladimir Putin, bertemu Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • Russia Today
VIVAnews - Tidak hanya Amerika Serikat, Korea Selatan, atau bahkan China saja yang memiliki teknologi ponsel pintar. Rusia juga tidak mau ketinggalan. 
Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Laman Russia Today, Senin, 10 November 2014 melansir Presiden Vladimir Putin memberikan hadiah khusus bagi sahabat barunya, Presiden China Xi Jinping. Putin memberikan ponsel pintar buatan negaranya yang tidak kalah canggih dibandingkan telepon seluler merk Oppo atau Xiao Mi. 
Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Mantan Kepala Badan Intelijen KGB itu menghadiahi Xi dengan ponsel pintar bernama YotaPhone generasi ke-2. Hadiah itu diberikan secara khusus, usai keduanya menggelar pertemuan bilateral di sela KTT APEC di Beijing. 
Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Menurut harian China, People's Daily, ponsel itu juga sebagai hadiah atas perayaan pertemuan kedua pemimpin yang ke-10 kalinya sejak Xi dilantik menjadi Presiden tahun lalu. 

Menurut juru bicara Putin, Dmitry Peskov, Xi begitu senang dihadiahi ponsel pintar yang dijuluki "Iphone Rusia" itu. 

"Apakah kita memiliki kemitraan juga dalam proyek ini?" tanya Xi kepada Putin. 

Putin menjawab: "Segera". 

Menurut data dari perusahaan teknologi Rusia, Rostec, Xi menjadi pemimpin pertama di dunia yang dihadiahi YotaPhone 2. Peluncuran ponsel tersebut secara resmi baru akan dilakukan pada Desember 2013.

Ponsel tersebut diklaim sebagai satu-satunya teknologi yang memiliki layar ganda di dunia. Generasi kedua dari ponsel itu kali pertama ditunjukkan ke hadapan publik dalam ajang pameran Mobile World Congress yang digelar di Barcelona. 

Ketika diluncurkan nanti, Rusia berharap, ponsel ini juga bisa menghentak pecinta teknologi di Eropa. Sementara untuk penjualan di China dan Asia Tenggara baru akan dimulai pada kuarter pertama di tahun 2015.

Berdasarkan informasi dari situs resmi pabriknya, Iphone versi Rusia itu dijual dengan harga 14 ribu Rubel atau Rp3,7 juta. (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya