Jurnalis Pengungkap Skandal Presiden Meksiko Dipecat

Carmen Aristegui
Sumber :
  • e-consulta

VIVA.co.id - Salah satu jurnalis terkenal di Meksiko, Carmen Aristegui, telah dipecat oleh kantornya Radio MVS, Minggu, 15 Maret 2015. Dia didepak setelah mengungkap skandal konflik kepentingan yang menyeret nama, Presiden Enrique Pena, pada 2014 lalu.

Reuters dalam laporannya, Senin, 16 Maret 2015, menyebut Aristegui mengungkap bahwa istri Pena, Angelica Rivera, sedang dalam proses pembelian rumah mewah dari kontraktor pemerintah. Kontraktor itu adalah pemenang proyek bernilai jutaan dolar.

Diberhentikan, Wartawan Antara Lapor ke Disnaker

Belakangan terungkap bahwa Pena dan menteri keuangan, juga telah membeli beberapa rumah dari sejumlah kontraktor pemerintah. Temuan ini semakin merusak reputasi Pena, karena terjadi di tengah krisis politik yang dipicu buruknya penanganan pemerintah, atas kasus pembantaian 43 pelajar pada September 2014.

Pekan lalu, Radio MVS dan Aristegui, mengumumkan program baru jurnalisme investigatif bernama Mexicoleaks. Namun Aristegui dinilai melakukannya tanpa izin dari perusahaan.

MVS akhirnya memecat dua reporter, yang merupakan anggota tim peliputan investigatif Aristegui. "Mereka semestinya diberikan hadiah, bukan dipecat," kata Aristegui dalam siaran radio.

Insiden pemecatan itu kemudian menjadi perhatian publik, yang kemudian membuat taggar #endefensadearistegui, sebagai bentuk dukungan kepada Aristegui.

Pada pernyataan resmi, Minggu, radio MVS menyebut tidak dapat menerima ancaman dari pekerjanya, sehingga memutuskan untuk memberhentikan juga Aristegui.

![vivamore="
Menlu: Tak Benar Papua Tertutup untuk Jurnalis Asing
Baca Juga :"]
IMA Waspadai Sinyal Pelemahan Ekonomi RI Kuartal I-2024

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya