Jari Tengah Menteri Keuangan Yunani untuk Jerman

Menteri Yunani Acungkan Jari Tengahnya Pada Jerman
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id - Menteri Keuangan Yunani yang baru, Yanis Varoufakis, disebut memperlihatkan sikap menyerang terhadap Jerman dalam pidatonya, dengan memperlihatkan jari tengah yang terangkat.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa, 17 Maret 2015, Yanis yang terus berusaha bernegosiasi untuk pengurangan utang Yunani dari Uni Eropa, melakukan tur ke Eropa demi memperoleh dukungan.

Tudingan pun muncul bahwa Yanis telah mengacungkan jari tengahnya saat memberikan pidato tentang keuangan Yunani dan Jerman pada tahun 2013 lalu. Yanis membantahnya, menyebut rekaman video telah direkayasa.

Pada rekaman Yanis terdengar mengatakan: "Usul saya adalah Yunani harus mengumumkan gagal bayarnya, seperti yang dilakukan Argentina, dan menunjukkan jari pada Jerman, lalu katakan Anda dapat menyelesaikan persoalan ini sendiri."

Saat itu rekaman video yang beredar di YouTube, memperlihatkan Yanis mengacungkan jari tengahnya. Tuduhan terhadap Yanis itu, kini semakin memanaskan situasi antara Yunani dan Uni Eropa.

Setelah berhasil menang dalam pemilu, Januari lalu, Partai Syriza telah berjanji menghentikan penderitaan rakyat Yunani, disebabkan oleh pengetatan anggaran yang menjadi syarat pinjaman internasional.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menuntut negosiasi ulang pembayaran utang Yunani sebesar £179 miliar, yang mendapat reaksi negatif terutama dari Jerman dan Prancis. (umi)

KPK Optimis Praperadilan Mantan Karutan Akan Ditolak Hakim

Baca Juga :


Leon Dozan Ungkap Betharia Sonata Alami Hal Ini Saat Terkena Gejala Stroke


Perdana Bareng Song Hye Kyo ke Baeksang Award, Ekspresi Song Joong Ki Jadi Sorotan

Erupsi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara, 8/5

Gunung Ibu Kembali Erupsi, Kolom Abu 1.500 Meter di Atas Puncak

Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara, dilaporkan mengalami erupsi pada Rabu, 8 Mei 2024, sekitar pukul  11:11 WIT dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.500 meter

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024