Semua Negara Asia Afrika Dukung Kemerdekaan Palestina

Aksi Mengutuk Penyerangan Masjid Al-Aqsa
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Isu kemerdekaan Palestina menjadi salah satu dari tiga dokumen yang disepakati dalam pertemuan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60.

Diplomat RI Dukung Palestina Lewat Lantunan Jazz

Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki, mengatakan bahwa untuk mencapai kemerdekaan Palestina dibutuhkan solidaritas negara-negara di dunia. Khususnya, di negara-negara kawasan Asia Pasifik.

Dia menegaskan, tidak ada negara KAA yang menolak kemerdekaan negaranya.

"Saya tidak melihat ada negara KAA yang berbeda suara. Semua sama, mendukung rakyat Palestina meraih kemerdekaan. Hari ini saya berterima kasih atas apa yang mereka katakan tadi, kami menunggu tindak lanjut yang nyata dari pernyataan tersebut," kata Maliki di Jakarta Convention Center (JCC), Senin 20 April 2015.

Menurut Maliki, cukup naif jika dia berpendapat bahwa melalui Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dalam peringatan 60 tahun KAA ini akan memberi solusi kemerdekaan untuk Palestina esok hari.

"Tetapi, mungkin konferensi ini dapat memberi sedikit solusi untuk mendapatkan kemerdekaan bagi bangsa kami. Ya, kami meminta solidaritas. Dan, kami akan menerima solidaritas untuk kemerdekaan," tuturnya.

Menurut dia, dukungan yang diikuti dengan tindakan nyata dari negara-negara Asia Afrika akan membantu rakyat Palestina mendapat pencerahan, yaitu akhir dari penjajahan. (asp)

Menlu RI, Retno Marsudi, saat melantik Konsul Kehormatan pertama Indonesia di Palestina, Maha Abu-Shusheh, yang berkedudukan di Ramallah pada 13 Maret 2016.

Menlu Lantik Konsul Kehormatan RI Ramallah di Amman

Israel tak izinkan helikopter yang membawa Menlu RI ke Ramallah

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2016