Pimpin Sidang KAA, Jokowi Berbahasa Indonesia

Presiden Joko Widodo di KAA
Sumber :
  • ANTARA FOTO/AACC2015

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo pagi tadi secara resmi membuka pertemuan tingkat kepala negara Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta Convention Centre (JCC) pada Rabu, 22 April 2015. Dengan mengambil format keketuaan bersama, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, menggunakan Bahasa Indonesia untuk memimpin jalannya sidang.

RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain

Sementara, Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe mendampingi Jokowi sebagai ketua bersama dalam sidang itu. "Terima kasih kepada Pak Presiden Mugabe atas kesediaannya memimpin sidang. Silahkan memberikan pernyataan awal," ujar Jokowi ketika meminta Mugabe untuk memberikan pernyataan awal.

Usai Mugabe, terdapat sekitar tujuh kepala negara lainnya yang ikut memberikan pernyataan di dalam pertemuan tersebut yaitu Singapura, Tiongkok, Swazilan, Jepang, Brunei dan Palestina. Ini menjadi kesempatan pertama Jokowi memimpin sebuah sidang skala internasional.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Dalam sidang tersebut, para pemimpin negara berdiskusi mengenai kesepakatan untuk menyepakati tiga dokumen KAA yakni Pesan Bandung, kemitraan baru strategis Asia dan Afrika dan deklarasi untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Di sela pertemuan, Jokowi juga menggelar pertemuan bilateral. Saat ini, tengah digelar pertemuan bilateral antara Jokowi dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Megawati: Perang Tak Selesaikan Masalah Timur Tengah

Pertemuan tingkat tinggi pemimpin negara masih berlanjut hingga hari Kamis esok. Selain ketika memimpin sidang, Jokowi juga menggunakan Bahasa Indonesia ketika memberikan pidato sambutan pembukaan KTT Asia Afrika.

(mus)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya