Pesawat Militer Spanyol Jatuh Tewaskan Puluhan Kru

Pesawat jet F16 Yunani jatuh di Spanyol
Sumber :
  • REUTERS/RTVE
VIVA.co.id
Spanyol-Prancis Terlibat 'Perang' Bisnis Anggur
- Sebuah pesawat militer jatuh di sekitar pabrik minuman ringan Coca-Cola di kota Sevilla pada Sabtu siang waktu setempat. Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, membenarkan peristiwa itu dan mengatakan hingga 10 orang tewas dalam kejadian penerbangan uji coba.

27-3-1977: Tabrakan Pesawat Tewaskan 582 0rang

Harian Inggris,
Indonesia dan Spanyol Sepakat Perangi Terorisme
Independent, Sabtu, 9 Mei 2015 melansir pemerintah telah menyampaikan rasa simpati kepada korban dan keluarga. Mereka juga menyesalkan peristiwa itu bisa terjadi.


Kendati Rajoy membenarkan adanya puluhan kru kabin yang tewas, tetapi Kementerian Pertahanan Spanyol belum berani menyebut jumlah orang yang tewas dalam insiden tersebut. Situs berita lokal,
ABC de Sevilla
melaporkan pesawat dengan nomor penerbangan A400M tengah mengangkut tujuh orang dalam uji coba penerbangan itu.
Menurut kru menara pengawas lalu lintas udara menyebut adanya kemungkinan kesalahan teknis saat pesawat tersebut lepas landas. Hingga saat ini belum diketahui apakah ada penumpang yang masih bertahan hidup.
Bandara Sevilla ditutup akibat peristiwa jatuhnya pesawat. Namun, menurut berbagai laporan yang ada di Twitter mengklaim pesawat itu jatuh di dekat pabrik Coca-Cola. Tetapi foto lainnya menunjukkan puing burung besi tergeletak di area padang rumput.


Media Spanyol,
Diario de Sevilla
melansir pesawat jatuh di bagian utara bandara. Di sana pabrik Coca-Cola berkantor.


Akibat kejadian jatuhnya pesawat, beberapa pabrik yang ada di kompleks industri turut mengalami pemadaman listrik. Pesawat militer Spanyol itu buatan perusahaan penerbangan Prancis, Airbus. Mereka memiliki tempat perakitan dan fasilitas pengujian untuk pesawat militer di Bandara Sevilla.


Dari bandara itu pula, pesawat model A400M juga pernah diterbangkan, termasuk penerbangan perdana pada 2009.


Sementara itu, juru bicara maskapai nasional Inggris, British Airways mengatakan penutupan bandara tidak terlalu berpengaruh. Sebab, mereka hanya memiliki satu pesawat menuju ke Sevilla hari ini.


Dijadwalkan pesawat akan mendarat pada pukul 17.10 waktu setempat. Tetapi, akan ditunda hingga bandara dibuka kembali pukul 18.00.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya