Thailand Tarik Kapal Migran ke Arah Indonesia

Kapal yang membawa migran Rohingya ke Malaysia.
Sumber :
  • REUTERS/Olivia Harris
VIVA.co.id
Myanmar Diminta Tak Diskriminatif Terhadap Rohingya
- Pemerintah Thailand melalui siaran radio, Jumat, 15 Mei 2015, mengumumkan bahwa kapal mengangkut sekitar 400 migran, yang ditarik angkatan laut Thailand ke laut, telah menuju wilayah Indonesia.

Tokoh Rohingya Sanjung Keramahan Warga Aceh Utara

Dilansir dari
Kemlu: RI Harus Bangga Bersedia Tampung Imigran
Reuters , kapal kayu yang didorong ke laut oleh angkatan laut Thailand, ditemukan pada Kamis, 14 Mei, dekat pulau Koh Lipe di Laut Andaman. Thailand kemudian memperbaiki mesin kapal itu.


Memberikan pasokan makanan, air dan obat-obatan, lalu menarik kapal itu kembali ke laut pada Jumat pagi. Demikian disampaikan Mayor Laut Veerapong Nakprasit, pejabat angkatan laut Thailand di Koh Lipe.


"Mereka yang berada di kapal tidak ingin datang ke Thailand, jadi kami beri mereka makanan, obat-obatan, bahan bakar dan air minum. Kami melaksanakan kewajiban kemanusiaan. Mereka ingin pergi ke negara lain," kata Veerapong.


Dia mengatakan Thailand tidak mendorong kembali kapal migran ke laut, melainkan mengirim kembali mereka ke arah yang sebelumnya dituju. Veerapong menyebut tidak ada kapten pada kapal migran itu.


Tapi beberapa migran di kapal itu, disebutnya sudah dilatih navigasi oleh para nelayan Thailand. "Mereka dilatih selama tiga jam, hingga mengerti bagaimana mengendalikan kapal. Mereka sangat baik," ucapnya.


Dia menambahkan, stasiun radar Thailand memantau kapal itu hingga memasuki perairan internasional.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya