Pakistan Gelar Serangan Udara dan Darat atas Taliban

Pegunungan Waziristan, Pakistan.
Sumber :
  • Flickr
VIVA.co.id
Bom Magnet Ledakkan Bus Pegawai Pemerintah Afghanistan
- Militer Pakistan menggelar operasi besar, Jumat, 15 Mei 2015, untuk mendorong keluar Taliban dari basis terakhir mereka di pegunungan Waziristan Utara, dengan serangan dari sisi utara dan selatan.

Kementerian Luar Negeri Pastikan 920 WNI di Pakistan Aman

Dikutip dari
Taliban Klaim Tanggung Jawab Bom Pakistan
Reuters , hutan di Shawal Valley selama ini menjadi tempat persembunyian Taliban, sekaligus jalur penyusupan dari dan ke Afghanistan. Sedikitnya enam militan tewas akibat serangan udara Pakistan.


"Itu operasi militer yang besar terhadap Taliban dan sekutu mereka, di pegunungan Shawal," kata seorang pejabat pemerintah, yang tidak mau disebut identitasnya.


Taliban Pakistan menguasai hampir seluruh wilayah Waziristan Utara, hingga pasukan Pakistan menggelar serangan besar pada Juni 2014. Saat ini tinggal Shawal Valley yang dikuasai Taliban.


Taliban Pakistan bersekutu dengan Taliban Afghanistan, serta berbagai kelompok berideologi yang sama, walau mereka beroperasi sebagai entitas yang terpisah. Sejak lama Pakistan didesak untuk mengambil tindakan terhadap Taliban.


Namun selama ini pemerintah terus melindungi Taliban dengan memilah kelompok-kelompok militan berdasarkan tujuan mereka, sehingga ada militan yang menjadi teman dan lawan.


Beberapa kelompok militan menjadikan Pakistan sebagai tempat persembunyian, serta basis untuk melakukan serangan di beberapa negara tetangga, seperti Afghanistan dan India.


Namun serangan Taliban ke sebuah sekolah, yang menewaskan ratusan anak-anak pada Desember 2014, telah membuat publik Pakistan sangat marah, mendesak pemerintah menghabisi semua kelompok militan.


Warga mengatakan tank-tank dan tentara mendekati Shawal Valley, Jumat, dari sisi utara dan selatan. "Blokade jalan di mana-mana, tidak ada yang bisa datang atau pergi," kata Zainullah, operator telepon di Shawal.


Beberapa pejabat militer mengatakan, Afghanistan telah diminta membantu, untuk mencegah militan kabur melalui perbatasan. Kerjasama kedua negara, disebut akan menjadi perkembangan signifikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya