Aksi Penyelamatan 14 Pendaki Indonesia di Gunung Watzmann

Helikopter penyelamat dari Prancis
Sumber :
  • REUTERS/Jean-Paul Pelissier TPX IMAGES OF THE DAY

VIVA.co.id - Kepolisian Jerman akhirnya menemukan dan berhasil mengevakuasi 14 mahasiswa Indonesia yang tersesat dalam pendakian ke puncak Gunung Watzmann di pegunungan Alpen, Jerman. Mereka dievakuasi dari Gunung Watzmann menggunakan dua helikopter milik kepolisian Jerman.

Operasi penyelamatan ini tidak mudah. Pemerintah Jerman mengerahkan puluhan anggota kepolisian, tenaga medis, dan 17 ahli medan pegunungan.

Tim penyelamat juga menggunakan kamera infra merah menembus kabut pekat dan gelapnya medan. Baca:

Kesaksian Pendaki Indonesia Saat Terjebak di Gunung Watzmann

Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Berlin Parulian Silalahi mengaku sudah mendapat laporan dari yang berwajib.  Ke 14 mahasiswa tersebut memang warga negara Indonesia dan semuanya tengah studi di Jerman. Mereka berdomisili di Heidelberg, Karlsruhe, Kiel, Hamburg dan Darmstadt. 

"Tidak ada yang terluka, semua selamat dan sudah dalam perjalanan kembali ke kediaman masing masing," katanya saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa 26 Mei 2015. Ke-14 mahasiswa dievakuasi dengan dua helikopter diterbangkan ke basecamp Kuerhoint Alm untuk mendapatkan perawatan medis.

"Mereka ditenangkan dengan teh hangat dan selimut, juga bermalam di sana," katanya

Menurut polisi setempat, aksi ini merupakan aksi penyelamatan terbesar dalam sejarah 45 tahun dibentuknya Satuan Polisi Helikopter Bayern.

Helikopter penyelamat dari Prancis

Terjebak di Gunung Watzmann 14 Pendaki Indonesia Minim Bekal

Pendaki gunakan sepatu yang terlalu tipis dan ransel berat.

img_title
VIVA.co.id
26 Mei 2015