Prancis Hargai Kontribusi Besar RI Atasi Perubahan Iklim

Dubes Prancis untuk Indonesia Corinne Breuze
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia
VIVA.co.id
14-7-1789: Dimulainya Revolusi Prancis
- Pemerintah Prancis menilai RI memiliki kontribusi besar dan komitmen kuat dalam mengurangi dampak perubahan iklim secara global. Menurut Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Corinne Breuze, komitmen itu telah ditunjukkan Indonesia dengan membuat janji akan mengurangi emisi gas rumah kaca 26 persen di tahun 2020 mendatang. 

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!
Demikian ungkap Breuze yang ditemui di sela perayaan Hari Nasional Prancis di Hotel Borobudur pada Selasa, 14 Juli 2015. Komitmen lainnya yang ditunjukkan Indonesia yakni pembangunan industri kelapa sawit berkelanjutan, dan insentif bagi energi terbarukan. 

Terima Kunjungan Dubes India yang Baru, Prabowo Dorong Peningkatan Kerjasama
"Kendati komitmen itu dicanangkan di era pemerintahan Presiden SBY, namun tetap dilanjutkan di kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Kami menyadari Indonesia kembali menunjuk Rachmat Witoelar sebagai utusan khusus Presiden untuk pengendalian perubahan iklim. Selain itu, kalian memiliki Kementerian Kehutanan yang telah dilebur dengan Kementerian Lingkungan Hidup. Kami menemukan komitmen kuat dari para ahli sains di Indonesia," kata Breuze. 

Terkait dengan perubahan iklim, dia menambahkan, Indonesia tidak hanya menjadi kontributor untuk mengurangi dampak buruk pemanasan global, tetapi juga menjadi korban dari fenomena itu. Oleh sebab itu, tak heran jika Indonesia berupaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim. 

"Kami yakin Indonesia dapat menunaikan tugas tersebut dan bersedia membantu kesuksesan Konferensi Perubahan Iklim ke-21 di Paris pada akhir tahun nanti. Indonesia pun juga menghadapi tantangan bagaimana menciptakan teknologi ramah lingkungan dengan harga murah," kata dia. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya