Menlu Australia Ucapkan Salam Hari Kemerdekaan RI

Menlu RI bertemu Menlu Australia di Kuala Lumpur
Sumber :
  • Akun Twitter Kementerian Luar Negeri RI
VIVA.co.id
Pelecehan Seksual Bayangi Anak Pengungsi di Australia
- Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, mengucapkan selamat hari kemerdekaan ke-70 bagi Indonesia kepada rakyat RI. Pernyataan itu disampaikan Bishop melalui situs resmi Menlu Australia dan akun Twitternya. 

Australia Siapkan Program 5.000 Doktor untuk Indonesia
Demikian isi keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id melalui Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada Selasa, 18 Agustus 2015. 

Indonesia Ajarkan Australia Cara Tangani Terorisme
"Perkenankan saya mengucapkan selamat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia atas hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-70," ujar Bishop. 

Ucapan tersebut bersamaan dengan awal mula pameran foto bertajuk "Perjuangan Indonesia Raih Kemerdekaan: Hubungan dengan Australia" di Alun-Alun Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Dia memuji Indonesia yang telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam 70 tahun terakhir. 

Menurut Bishop, Indonesia telah menjalani transisi demokrasi yang luar biasa, memiliki pers yang indenpenden dan masyarakat madani yang hidup. 

"Ekonominya yang besar dan terus tumbuh saat ini, merupakan yang terbesar ke-16 secara global dan diproyeksikan akan menjadi ke-10 terbesar di dunia pada tahun 2030 mendatang," kata dia. 

Bishop pun tak menampik, jika Indonesia adalah salah satu mitra tererat yang dimiliki Australia di kawasan Indo-Pasifik, kawasan yang dia sebut paling dinamis di dunia. Dia turut menyebut saat ini, Indonesia menjadi mitra dagang terbesar ke-12 bagi Australia. 

Kedua negara, kata Bishop bisa saling bekerja sama untuk mendorong stabilitas dan kemakmuran kawasan. 

"Termasuk melalui G20, pertemuan puncak Asia Timur dan APEC," Bishop menambahkan. 

Salah satu wujud dari kerja sama kedua negara yakni, Indonesia kini menjadi salah satu tujuan paling populer bagi mahasiswa program sarjana dari Australia untuk mengikuti program New Colombo Plan. Total, sudah ada sekitar 2.000 pemuda Australia yang menuntut ilmu di Indonesia. 

"Kepentingan bersama dan persahabatan kita harus dilestarikan," kata dia. 

Ucapan selamat itu disampaikan Bishop, usai kedua negara sepakat untuk membuka lembaran baru. Bishop dan Menlu RI, Retno L.P Marsudi, sempat bertemu di sela pertemuan tingkat tinggi ASEAN di Kuala Lumpur pada awal bulan ini. 

Dalam pertemuan keduanya, kedua negara sepakat untuk mempererat hubungan bilateral. Negeri Kanguru mewujudkan hal itu dengan mengirimkan Menterinya setiap bulan hingga akhir tahun ke Indonesia. Dalam pekan ini, dijadwalkan Menteri Kehakiman, Michael Keenan, akan menjadi pejabat tinggi pertama Australia yang menjejakkan kaki di Indonesia, usai kedua negara dilanda ketegangan hubungan diplomatik yang dipicu isu eksekusi mati. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya