Kunjungi RI, Menteri Kehakiman Australia Bahas Isu Terorisme

Menteri Kehakiman Australia, Michael Keenan.
Sumber :
  • News Corp Australia
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Menteri Kehakiman Australia, Michael Keenan dalam minggu ini akan berkunjung ke Indonesia. Salah satu fokus utama dari kunjungan Keenan yakni membahas isu terorisme dan ektremisme. 

Australia Siapkan Program 5.000 Doktor untuk Indonesia
Hal itu disampaikan oleh Kedutaan Besar Australia di Jakarta melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id pada Selasa, 18 Agustus 2015. Indonesia selama ini telah diakui menjadi pemimpin global dalam menghadapi isu terorisme.

Indonesia Ajarkan Australia Cara Tangani Terorisme
“Minggu ini saya akan berkunjung ke Jakarta dalam kapasitas sebagai Menteri Pembantu Perdana Menteri dalam bidang Anti-Terorisme,” ujar Keenan.

Dia mengatakan, kedua negara memiliki isu yang sama yakni ancaman terorisme dan kejahatan lintas batas. Oleh sebab itu, Keenan menaruh harapan besar hal tersebut bisa dihadapi bersama dengan saling bertukar gagasan dan informasi intelijen. 

Selama kunjungannya itu, Keenan akan bertemu sejumlah mitra dan pakar Indonesia untuk membicarakan tantangan-tantangan bersama yang tengah dihadapi. 

“Secara khusus kami akan membahas bagaimana  menanggapi masalah Negara Islam dan munculnya ancaman laskar teroris asing,” Keenan memaparkan.

Dia mengakui dalam menghadapi isu tersebut, Negeri Kanguru tak bisa melakukannya seorang diri. Diperlukan kerja sama di dalam kawasan salah satunya dengan menggaet Indonesia.

“Tujuan kunjungan saya adalah untuk mempelajari bagaimana Australia dan Indonesia dapat meningkatkan kerja sama dan bertukar informasi tentang reformasi hukum, meningkatkan kerja sama kejahatan internasional, manajemen perbatasan dan memerangi ancaman mereka yang akan mengikuti jalan kegelapan radikalisasi – terutama melalui daring (online),” ungkap Keenan.

Sebagai tetangga dekat, kata dia, hubungan bilateral kedua negara penting karena banyak hal yang dapat dipelajari satu sama lain. 

“Bersama-sama negara kita telah melakukan karya yang signifikan untuk memberantas kejahatan lintas-batas seperti perdagangan manusia, perdagangan obat-obatan terlarang dan eksploitasi seks anak-anak,” Keenan menambahkan.

Diakui Keenan, lembaga-lembaga keamanan Indonesia sangat efektif dalam mendeteksi dan memerangi kelompok-kelompok teroris yang berupaya untuk mendirikan jaringan di Asia Tenggara.

Untuk itu, Keenan menegaskan kemitraan kedua negara untuk memerangi kerumitan soal terorisme harus ditingkatkan. Caranya, dengan memastikan pengaturan-pengaturan keamanan nasional yang kukuh di kawasan kedua negara.

Diakui Keenan, lembaga-lembaga keamanan Indonesia sangat efektif dalam mendeteksi dan memerangi kelompok-kelompok teroris yang berupaya untuk mendirikan jaringan di Asia Tenggara. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya