Korut Bangun Landasan Pesawat Khusus untuk Kim Jong-un

Pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un
Sumber :
  • REUTERS/KCNA/Files
VIVA.co.id
Respons 'Miring' Ambisi Korea Utara Kirim Bendera ke Bulan
- Pemerintah Korea Utara dilaporkan membangun landasa pacu khusus bagi pemimpin mereka, Kim Jong-un. Landasan pacu khusus itu berada di samping beberapa istana yang dimilikinya. 

Korea Utara Berambisi Tancapkan Bendera di Bulan
Dikutip dari kantor berita Reuters, Kamis, 20 Agustus 2015, bangunan landasan pacu itu terlihat dalam pantau kamera satelit. Menurut analisa dari pengajar studi Amerika Serikat-Korea di Universitas John Hopkins, Washington, Curtis Melvin, landasan pacu itu sudah mulai dibangun sejak tahun 2014. Pembangunannya diketahui sudah rampung beberapa bulan lalu. 

Korut Retas Surat Elektronik Petinggi Korea Selatan
"Landasan pacu ini terletak di dekat komplek kediaman keluarga Kim dan berada di samping stasiun kereta pribadi yang digunakan oleh ayahnya, Kim Jong-il," ujar Melvin. 

Total, terdapat lima landasan pacu baru yang khusus dibangun untuk Jong-un. Landasan pacu untuk Jong-un diketahui memiliki panjang 500 meter dan berlokasi dengan dengan kamp bagi anak-anak di Songdowon serta pantai yang ramai dikunjungi turis asing. 

Selain itu, di dekat landasan pacu tersebut juga terdapat helipad yang digunakan Jong-un untuk menyambut pemain bola basket, Dennis Rodman dan rombongan ketika dia berkunjung pada September 2013 lalu. 

Di komplek istana Jong-un juga terdapat yacht pribadi, jet ski dan vila yang kerap digunakan untuk menghibur tamu dan teman Jong-un yang diundang secara khusus. 

Jong-un memang berbeda dari sang Ayah, Kim Jong-il. 
Jong-il diketahui takut terbang dan memilih untuk bepergian dengan kereta api baja. Salah satunya ketika dia bepergian ke Tiongkok dan Rusia. 

Sementara, Jong-un terlihat sudah menunjukkan kecintaan terhadap dunia penerbangan bahkan sejak kecil. Dalam sebuah foto yang dipamerkan dalam sebuah konser tahun lalu, terdapat foto Kim ketika masih muda mengenakan pakaian Angkatan Udara Korut. 

Sementara, sejak dia berkuasa di akhir tahun 2011 lalu, Jong-un telah dua kali menjadi tuan rumah untuk kontes penerbangan bagi pilot Korut. Selain itu, stasiun televisi pemerintah menunjukkan dia tengah mengendarai sebuah pesawat, termasuk pesawat kecil mirip Cessna yang dibuat di Korut. 

Dalam foto itu, dia juga terlihat tengah duduk di sebuah pesawat jet tempur. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya