RI-Australia Sepakat Tangani Kejahatan Lintas Batas Negara

Kunjungan Paul Grigson dan Michael Keenan ke Masjid Istiqal
Sumber :
  • VIVA.co.id / Rebecca Reifi Georgina
VIVA.co.id
Australia Siapkan Program 5.000 Doktor untuk Indonesia
- Kepolisian Federal Australia (AFP) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerjasama dalam melakukan upaya pemberantasan kejahatan berat internasional. Dalam perjanjian baru antara kedua belah pihak, dirumuskan kerangka yang menjabarkan cara AFP dan Polri untuk mencegah dan memerangi kejahatan lintas-batas yang mempengaruhi kedua negara.

Indonesia Ajarkan Australia Cara Tangani Terorisme
Demikian ungkap Menteri Kehakiman Australia, Michael Keenan, seperti dikutip Kedutaan Besar Australia di Jakarta dalam keterangan tertulis kepada VIVA.co.id pada Kamis, 20 Agustus 2015. 

Indonesia dan Australia Intensif Bicarakan Terorisme
“Sebagai bagian dari komitmen kerjasama, perjanjian ini diadakan untuk mencegah dan memerangi kejahatan lintas-batas yang mempengaruhi baik Australia maupun Indonesia. Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Komisaris AFP Andrew Colvin dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti,” ujar Keenan.

Perjanjian ini juga merupakan sebuah bukti kekuatan hubungan antara AFP dan Polri dalam bidang tersebut, termasuk penyelundupan manusia, kejahatan siber, perdagangan narkotika, eksploitasi seks anak dan penipuan.

Terdapat beberapa aspek yang tercantum dalam perjanjian, yaitu pertama, pertukaran intelijen dan pengembangan kapabilitas dalam pemberantasan terorisme.

"Kedua negara secara khusus akan melakukan pertukaran informasi terkait warga asing yang melakukan perjalanan ke Suriah dan Irak. Selain itu, kedua negara akan terus menghadirkan ancaman terhadap pemberantasan terorisme kawasan," papar Keenan. 

Kedua, Keenan melanjutkan, terkait masalah penyelundupan manusia. Kerja sama kedua negara baru-baru ini membuahkan ekstradisi tersangka penyelundup manusia yang memfasilitasi perjalanan dari Indonesia ke Australia.  

Ketiga, menyangkut isu pembongkaran dan penyelidikan pelaku seks anak risiko-tinggi. Keempat, melawan kejahatan lintas-batas yang sedang muncul. 

"AFP mendirikan tujuh pusat kejahatan siber di berbagai daerah di Indonesia. Pusat ini memungkinkan Polri untuk menganalisa data digital yang mendukung model-model bisnis kejahatan terorganisasi dan terorisme, termasuk melalui media sosial," kata pejabat yang secara khusus ditunjuk oleh Perdana Menteri Tony Abbott untuk menangani bidang pemberantasan terorisme Australia. 

Keenan kembali menegaskan komitmen Australia untuk mencegah kejahatan berat dan menyasar siapa pun yang memberi ancaman kepada keselamatan kedua negara. Komitmen itu disampaikan Keenan ketika bertemu Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya