Jakarta Belajar Tata Kelola Air dari Rotterdam

Gubernur DKI Jakarta melakukan santap siang dengan Walkot Rotterdam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina
VIVA.co.id
Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
- Pada hari ini, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menerima kunjungan Wali Kota Rotterdam, Belanda, Ahmed Aboutaleb. Ahok, panggilan akrab Basuki, mengatakan sejak lama ingin belajar dan mencuri ilmu tata kelola air dari kota pelabuhan di Belanda itu. 

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan
Ditemui di Balai Kota, pada Senin, 24 Agustus 2015, Aboutaleb mengatakan, ini menjadi kali ketiga kunjungannya ke Jakarta. 

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
"Kami di sini untuk berdiskusi dengan Jakarta. Kedua kota akan berkolaborasi mengenai pelabuhan Rotterdam, bisnis di Rotterdam, dan perannya dalam mengukir sejarah maritim. Dengan begitu, kami dapat membantu Jakarta untuk menerapkan cara dan program kami, khususnya dalam membangun pelabuhan," papar Aboutaleb. 

Dalam pertemuan hari ini, Aboutaleb bertemu dengan Ahok untuk membahas kelanjutan hubungan kerja sama antara kedua kota. Aboutaleb mengatakan, Ahok telah mengirimkan beberapa tim ke Rotterdam untuk mempelajari cara kota tersebut dalam mengatasi banjir, tanggul, dan proyek besar lainnya. 

"Dengan berbekal ilmu yang diperoleh, mereka kembali ke Jakarta untuk bekerja dengan gubernur, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembangunan di Jakarta," kata Aboutaleb.

Dia pun mengaku senang mendengar rencana Ahok akan berkunjung langsung ke Rotterdam pada September. Ahok merasa perlu melihat secara langsung tata kelola air dan pelabuhan di Rotterdam. 

"Kami akan dengan senang hati mengajak Beliau melihat dengan matanya sendiri, bagaimana kami bekerja dengan air. Di masa depan, Jakarta akan banyak berurusan dengan air, tidak hanya air untuk kepentingan konsumsi, tetapi juga bagaimana cara mengatasi air serta mengurangi banjir," papar Aboutaleb.

Dia mengaku optimistis bisa menunjukkan hal tersebut kepada Ahok selama dia berada di Rotterdam. Aboutaleb mengaku bisa saja menyampaikan hal tersebut secara verbal kepada Ahok. 

"Tetapi, lebih baik jika Beliau melihat sendiri," Aboutaleb menambahkan. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya