Fenomena Lagu Kokoro No Tomo di Indonesia

Penyanyi Mayumi Itsuwa (sebelah kanan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina
VIVA.co.id
Setiap Tahun Ribuan Mahasiswa Indonesia Belajar ke Jepang
- Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia memberikan penghargaan bagi penyanyi otentik asal Jepang, Mayumi Itsuwa. Penyanyi era tahun 1980-an itu sukses menjadikan lagu Kokoro no Tomo dikenal di Indonesia.

Kasus Cuitan SARA, Kemlu Ingatkan Dubes Yusron Fokus Kerja
Penghargaan itu diberikan secara khusus oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, di kediamannya. Mayumi yang menyempatkan datang ke Indonesia di tengah kesibukan tur konsernya, mengaku sangat bersyukur karena semula dia tidak menyangka lagu Kokoro no Tomo akan digemari oleh publik di Indonesia.

Jepang Berterima Kasih ke RI Bantu Korban Tsunami Tohoku
"Saya juga terkejut ketika pertama kali mendengar lagu ini sangat terkenal di Indonesia. Saya tidak tahu bagaimana awalnya lagu ini tersebar, sepertinya ada salah satu radio Indonesia yang memutar lagu saya sehingga bisa terkenal," ujar Mayumi.

Wanita yang lahir pada tahun 1951 ini mengatakan lagu Kokoro no Tomo baru terkenal di Jepang setelah banyak beredar berita yang menyebutkan lagu ini terkenal di Indonesia. 

"Jadi hal ini adalah sesuatu yang sangat mengejutkan bagi saya. Bahkan, saya tidak tahu kenapa masyarakat Indonesia menyukai lagu ini," ujar Mayumi sambil tertawa.

Ini adalah kali ketiga Mayumi datang ke Jakarta. Dia menceritakan betapa bahagia dirinya saat kali terakhir menggelar konser di Jakarta. 

"Saya ingat mengadakan konser dua kali hari itu. Semua fans mendengarkan dengan tenang dan menghayati lagu-lagu yang saya bawakan. Saya senang sekali. Saya banyak menerima dukungan berupa surat atau e-mail dari fans-fans saya di Indonesia," kata dia.

Selain Kokoro no Tomo, kata Mayumi, lagu lainnya yang juga terkenal di Indonesia adalah Amayadori dan Home Again. Dia yakin perbedaan bahasa antara keduanya tidak menjadi pembatas hubungan antara dirinya dengan penggemarnya di Indonesia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya