Di Eropa, Waktu dari Rumah ke Kantor Dihitung Kerja

ilustrasi jam kerja
Sumber :

VIVA.co.id - Pengadilan Tertinggi Eropa (ECJ) memutuskan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan ke dan dari tempat kerja pada setiap hari dihitung sebagai waktu kerja.

Dilansir The Independent pada Kamis, 10 September 2015. Keputusan itu mengatur bagi para pekerja yang bekerja tanpa kantor, seperti mekanik listrik, tukang gas, perawat dan marketing yang biasanya bekerja tidak di kantor.

10 Negara Ini Bagaikan Surga Bagi Para Pekerja

Bahwa waktu mereka gunakan dalam perjalanan kerja dihitung sebagai waktu kerja.

Keputusan Mahkamah untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pekerja, sesuai dengan aturan waktu kerja Uni Eropa. Putusan ini dilatarbelakangi kasus hukum di Spanyol yang melibatkan Tyco, perusahaan sistem keamanan.

Pertimbangan Mahkamah didasarkan pada fakta bahwa para pekerja memulai pekerjaan mereka dari rumah dan menyelesaikan pekerjaan dari kantor, semuanya berasal dari keputusan perusahaan.

Artinya, perusahaan yang menentukan kapan pekerja memulai pekerjaan dan mengakhiri pekerjaan mereka. Ketentuan itu bukan keinginan pekerja, tapi keputusan dari perusahaan tempat mereka bekerja.

"Mewajibkan pekerja menanggung beban pilihan majikan mereka akan bertentangan dengan tujuan melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja, yang mencakup perlunya menjamin waktu istirahat pekerja," kata Mahkamah.

Ilustrasi tsunami.

Eropa Pernah Dihantam Tsunami 20 Meter

Dari Islandia sampai Denmark.

img_title
VIVA.co.id
13 November 2015