China Peringatkan AS di Laut China Selatan

Salah satu wilayah sengketa di Laut China Selatan.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan
- Komandan Angkatan Laut China memperingatkan AS atas tindakannya yang dianggap bersifat provokatif. Peringatan itu disampaikan setelah selama beberapa hari, sebuah kapal militer AS berlayar dekat dengan pulau-pulau yang diperebutkan di Laut China Selatan.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

Menurut laporan dari
Datang Sebagai Turis ke Jerman, Malah Dikira Imigran
BBC, Jumat, 30 Oktober 2015, Laksamana Wu Shengli mengatakan, tindakan provokasi AS bisa memicu perang.


Sejak Selasa, 28 Oktober 2015, kapal AS berlayar dalam zona 12 mil di Laut China Selatan yang diklaim oleh China. AS mengatakan, mereka sedang melakukan operasi rutin di Laut China Selatan sesuai dengan hukum internasional. Tapi, China mengatakan tindakan AS adalah sesuatu yang ilegal.


Laksamana Wu Shengli menegaskan, insiden kecil seperti itu bisa memicu perang. Namun, AS bersikukuh, pembicaraan yang dilakukan antara kedua pihak telah dilakukan secara produktif.


Pada Kamis, 29 Oktober 2015, sebuah panel arbitrase internasional memutuskan bahwa mereka akan mendengarkan kasus yang diajukan Filipina terkait dengan sengketa wilayah dengan China. Pengadilan arbitrase yang berbasis di Hague, menepis argumen dari China yang mengatakan sengketa tersebut sebenarnya merupakan masalah mengenai kedaulatan.


Wakil Menteri Luar Negeri China, Liu Zhenmin, mengatakan, China tidak akan menerima atau berpartisipasi dalam hal apa pun di pengadilan arbitrase.


Dalam beberapa tahun terakhir, China telah mulai melaksanakan reklamasi lahan dan proyek-proyek konstruksi pada beberapa terumbu karang. Tindakan China ini menimbulkan kegusaran Jepang dan Filipina karena wilayah tersebut masih sengketa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya