Dubes Prancis: Visa Schengen Masih Berlaku, Tapi...

Duta besar Prancis untuk Indonesia, Corrine Breuze
Sumber :
  • Bayu Januar/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Corrine Breuze mengatakan Visa Schengen masih berlaku. Namun, ia tak membantah memang akan ada pemeriksaan sistematis ketat menyusul tragedi Paris, pekan lalu.

Terima Ancaman, Siswa Tiga Sekolah di Paris Dievakuasi
"Visa schengen masih berlaku. Anda masih bisa pergi ke Prancis dengan Visa Schengen, tetapi satu hal, ada pemeriksaan secara sistematik mengontrol visa pengunjung (visa border) setiap orang. Bahkan, warga Prancis sendiri saat melewati perbatasan akan dilakukan pemeriksaan," kata Breuze, usai mengadakan pertemuan para Dubes dengan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, di Mapolda Metro Jaya, Rabu 18 November 2015.

Terkait pertemuannya dengan Kapolda, Breuze menilai, hal ini sangat penting untuk mengantisipasi risiko kemungkinan copycat aksi serangan berdarah seperti yang terjadi di Paris pada Jumat 13 November 2015.

Polisi Belgia Temukan Apartemen Pelaku Serangan Teror Paris

"Polisi Jakarta mengadakan pertemuan ini. Ini sangat penting untuk mengetahui bilamana ada risiko copycat dari apa yang terjadi di Paris, karena terorisme menjadi ancaman di seluruh dunia, tidak hanya Prancis dan negara Eropa, tetapi di seluruh dunia. Jadi, sangat penting bagi kami untuk berkoordinasi dengan Kepolisian Jakarta," ungkapnya.

Soal keamanan di Kedubes Prancis, ia katakan, pihaknya sudah mendapat jaminan keamanan dari Polda Metro Jaya.

Korban Teror Penembakan di Paris Sadar dari Koma
"Kepolisian Jakarta mengonfirmasi, mereka akan meningkatkan keamanan di Kedubes. Tidak hanya Kedubes Prancis, tetapi Kedubes lain yang tergabung dalam koalisi menentang ISIS," tuturnya. (asp)
Sven Mary, pengacara Salah Abdeslam

Pengacara Tersangka Teroris Paris Tolak Ekstradisi

Ia mempertanyakan keterlibatan jaksa Prancis.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2016