Polisi Temukan Sabuk Bom Bunuh Diri di Tong Sampah Paris

Tricolore Menara Eiffel untuk Hormati Korban Serangan Paris
Sumber :
  • Reuters/Benoit Tessier

VIVA.co.id - Kepolisian Prancis saat ini tengah memeriksa sebuah benda asing yang diduga sebuah sabuk dan terdapat bom bunuh diri di sebuah tong sampah di Paris.

Menhan: Tunjukkan Ayat dan Hadis Bom Bunuh Diri Masuk Surga

Sabuk yang ditemukan pada Senin malam kemarin, 23 November 2015, memiliki bentuk serupa dengan yang digunakan bomber bunuh diri. 

Stasiun berita BBC, Selasa, 24 November 2015 melansir sabuk itu ditemukan oleh seorang tukang sapu jalan di distrik Montrogue. Menurut seorang sumber di kepolisian, benda tersebut menyerupai sabuk yang digunakan dalam serangan tanggal 13 November lalu. 
Menteri Transportasi Belgia Resmi Undur Diri

Salah satu dugaan kepolisian, salah satu pelaku yang kini masih buron, Salah Abdeslam, sebelumnya berencana untuk meledakan sabuk tersebut. Namun, rencana itu kemudian dibatalkan. 
Belgia Tak Mau Disebut 'Negara Gagal'

"Mungkin, dia mengalami permasalahan teknis dengan sabuk peledaknya," ujar seorang sumber di kepolisian kepada kantor berita Reuters. 

Polisi kini masih terus memburu Salah. Beberapa jam usai terjadi serangan Paris, pria berusia 26 tahun itu diduga melarikan diri ke Belgia. 

Hal itu diperkuat dengan kesaksian dua orang temannya yang mengaku sempat . Sementara, Brussel pada Senin kemarin masih memberlakukan pengamanan ketat. 

Pasukan dan polisi bersenjata masih terus berpatroli di jalan-jalan. Perdana Menteri Belgia, Charles Michel, memperingatkan negaranya masih tetap dalam keadaan darurat tingkat empat. 

"Kita semua harus secara perlahan-lahan kembali ke kehidupan normal," ujar Michel. 

Namun, dia mengingatkan serangan dengan model Paris masih memiliki peluang terjadi di Belgia. Sebab, Salah hingga saat ini masih terus diburu. Di area Belgia lainnya, peringatan berada di tingkat tiga. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya