Jepang Bentuk Unit Khusus Anti-Terorisme

Wajah Sedih Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
Sumber :
  • REUTERS / Yuya Shino
VIVA.co.id
12-11-1948: Penjahat Perang Jepang Divonis Mati
- Jepang meluncurkan unit diplomatik baru untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang terorisme internasional. Unit ini menjadi satu bentukan untuk mengatasi serangan terorisme

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Diberitakan oleh
Jepang Siap-siap Berganti Kaisar
Channel News Asia , Senin 7 Desember 2015, keputusan tesebut diambil meningat banyaknya serangan yang dilakukan oleh kelompok terorisme di sejumlah negara termasuk serangan brutal di Paris oleh kelompok militan ISIS.


Pemenggalan dua warga Jepang awal tahun ini, yang diklaim oleh kelompok Negara Islam, dan kematian 10 orang lain dalam krisis sandera di Aljazair pada 2013 telah menyoroti kerentanan orang Jepang di luar negeri.


Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga yang juga juru bicara pemerintah Jepang mengatakan unit baru tersebut berada di bawah pengawasan Kementerian Luar Negeri dan memfokuskan diri pada proses pengumpulan dan analisis informasi.


"Kami akan mengambil langkah-langkah yang penuh untuk mencegah terorisme dan untuk melindungi warga Jepang dari bahaya," kata Suga.


Unit tersebut akan mulai beroperasi pada hari Selasa besok dengan 20 personel di Tokyo dan 20 personel lainnya yang berbasis diĀ  misi diplomatik luar negeri. Otoritas mengatakan, unit akan berkonsentrasi pada empat wilayah geografis yakni Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah dan Utara, dan Afrika Barat. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya