Menteri Pertahanan Baru Jepang Ultimatum Korut dan Tiongkok

Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada
Sumber :
  • Kyodo/via REUTERS

VIVA.co.id - Perdana Menteri Shinzo Abe menunjuk Tomomi Inada sebagai Menteri Pertahanan pada 3 Agustus 2016. Ia merupakan orang kepercayaan Abe dari kubu nasionalis.

Dijegal China, PBB Gagal Kecam Korut Soal Rudal

Penunjukkan Inada berselang beberapa jam setelah Korea Utara menembakkan uji coba rudal yang mendarat di perairan Jepang. Inada pun langsung mengecam aksi Korea Utara tersebut.

"Korea Utara mengulangi tindakan provokatif militer seperti pengujian nuklir dan serangkaian peluncuran rudal balistik," ujar Inada dilansir ChannelNewsAsia, Jumat, 5 Agustus 2016.

Pengangkatan Inada juga dilakukan setelah Jepang melontarkan kritik tajam kepada Tiongkok awal pekan ini. Jepang memperingatkan Tiongkok atas sikap agresif militernya dalam sengketa teritorial yang berisiko memicu konflik yang tak diinginkan.
 
"China telah dengan cepat menjadi aktif di perairan dan ruang udara di sekitarnya (Jepang), dan terus berusaha untuk mengubah status quo melalui kekuatan," ujar Inada.

Komentar Inada itu merupakan kritik kepada raksasa Asia itu terkait sengketa wilayah di Laut China Selatan, yang diklaim tidak hanya dengan Beijing namun juga beberapa negara Asia Tenggara.

Jepang juga terlibat dalam sengketa teritorial yang cukup lama dengan Tiongkok atas pulau tak berpenghuni di Laut China Timur.

Ilustrasi Perang Spanyol.

12-11-1948: Penjahat Perang Jepang Divonis Mati

Hideki Tojo termasuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2016