Badai di Amerika, 43 Tewas

Tornado Amerika Serikat
Sumber :
  • REUTERS/Justin A. Shaw
VIVA.co.id
Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump
- Badai menerjang sebagian wilayah Amerika di saat liburan Natal. Banjir dan tornado yang melanda menewaskan 43 orang, meruntuhkan bangunan, dan melumpuhkan jalur transportasi.

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar

Gubernur Missouri dan New Mexico bahkan mendeklarasikan situasi darurat di negara bagian mereka.  Di Missouri dan Illinois, banjir besar menewaskan 13 orang.
11-08-1984: Ronald Reagan Ungkap Lelucon Konyol untuk Soviet


Di Missouri, tim SAR mengevakuasi warga dari rumah mereka. Menurut Gubernur  Missouri, Jay Nixon, delapan orang tewas, dan beberapa ruas jalan utama ditutup.


"Wilayah Missouri berada dalam kondisi darurat, hujan masih akan terus turun beberapa hari ke depan, dan berpotensi menimbulkan banjir yang makin meluas," kata Nixon, seperti dikutip dari
Reuters
, Senin, 28 Desember 2015.


Banjir di Illinois juga menghanyutkan satu keluarga yang terdiri dari tiga orang dewasa dan dua anak-anak. Menurut pihak berwenang Marion County, Troy Cannon, mobil yang mereka kendarai hanyut tersapu banjir pada Sabtu malam.


Sementara itu, di Texas, 11 orang tewas. Wilayah Dallas, Texas, dilanda oleh tornado dengan kekuatan 322 km per jam. Angin kencang ini menerjang wilayah Garland, menewaskan delapan orang dan menerbangkan mobil-mobil yang sedang berada di jalan tol.


Tiga tornado dikabarkan melanda Arkansas, Minggu, 27 Desember 2015. Namun, belum ada laporan soal korban dan kerusakan bangunan. Badan Pengamat Cuaca AS melaporkan, selain Arkansas, peringatan tornado juga dilaporkan  di wilayah Texas, Louisiana, Oklahoma, dan Mississipi.


Gubernur Texas, Gregg Abbott, mengatakan, pihaknya telah menetapkan Dallas County dan tiga wilayah terdekat sebagai area bencana. Ia juga memperingatkan warganya untuk berhati-hati pada salju dan banjir dari air sungai yang berpotensi melanda wilayah tersebut.


Sementara itu, Gubernur Mexico City, Susana Martinez, pada Minggu malam,  juga memberikan peringatan pada warganya terkait cuaca buruk dan kemungkinan badai salju. Badan Pengamat Cuaca AS masih memberikan peringatan pada beberapa wilayah di AS, terutama di New Mexico, Texas, Oklahoma, dan Indiana. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya