Indonesia Khawatir Korea Utara Uji Coba Bom

Kim Jong Un saat mengawasi peluncuran kapal selam milik Korea Utara, tahun 2015.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA/Files
VIVA.co.id
Respons 'Miring' Ambisi Korea Utara Kirim Bendera ke Bulan
- Kementerian Luar Negeri Indonesia menegaskan, Indonesia telah menyampaikan keprihatinannya pada Korea Utara atas uji coba bom hidrogen yang mereka lakukan. Uji coba bom itu merupakan bagian dari program pengembangan senjata nuklir oleh Korut.

Korea Utara Berambisi Tancapkan Bendera di Bulan

"Indonesia khawatir atas dilakukannya uji coba nuklir yang kemarin dilakukan oleh Korea Utara. Sebagai teman baik, Indonesia meminta agar Korea Utara melaksanakan resolusi PBB," kata Menlu Retno Marsudi, 7 Januari 2016, di gedung Kemlu RI, Jakarta.
Jepang Merasa Terhina Rudal Korut Mendarat di Lautnya


Resolusi yang dimaksudkan Retno adalah
Comprehensive Nuclear Test-Ban Treaty (CTBT)
dan semangat yang terkandung di dalam perjanjian tersebut serta merupakan pelanggaran atas kewajiban Korea Utara berdasarkan Resolusi DK PBB 1718 (2006), 1874 (2009), dan 2087 (2013).


Pemerintah di Pyongyang mengumumkan telah meledakkan bom hidrogen pertama mereka, yang memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan uji bom atom sebelumnya. Namun sejumlah media menyebut itu adalah miniatur bom hidrogen nuklir. Akibat uji coba itu, wilayah yang menjadi lokasi uji coba dilanda gempa dengan kekuatan hingga 5,1 Skala Richter.


Atas aksinya, Korea Utara mendapat kecaman seluruh dunia. Kendati demikian, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan, percobaan senjata itu dilakukan sebagai cara untuk mempertahankan diri. Ia bahkan menantang jika ada negara lain yang berani mengganggu kedaulatannya, maka Korut tak segan untuk menggunakan senjata itu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya