Negara Ini Paling Banyak Eksekusi Hukuman Mati

Ilustrasi hukuman gantung.
Sumber :
  • REUTERS / Toby Melville

VIVA.co.id - Iran dilaporkan telah mengeksekusi mati lebih dari seribu terpidana sepanjang tahun 2015 lalu. Ribuan orang itu dieksekusi karena kesalahan ringan hingga berat.

Dilansir Arab News, beberapa terpidana yang dihukum mati karena terlibat kasus narkoba, korupsi dan beberapa dari etnis dan agama minoritas yang dieksekusi karena menentang agama.

"Iran telah mengeksekusi sekitar 700 orang dalam enam bulan pertama tahun 2015, rata-rata tiga orang setiap hari, dan jumlah eksekusi akhir mungkin di atas 1.000 hingga akhir tahun,” kata Boumedouha, wakil direktur Amnesty International untuk Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA).

Wiranto: Tidak Perlu Ada Evaluasi Hukuman Mati

Jumlah itu, disebut Boumedouha meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu 743 orang. Boumedouha mengungkapkan kekhawatiran MENA, bahwa eksekusi selama ini dilakukan secara tidak adil.

MENA menyatakan, bahwa saat ini memang ‘algojo’ tertinggi dipegang oleh Tiongkok. Namun, dibandingkan dengan jumlah populasi Iran yang hanya berjumlah 77 juta, maka Iran jadi negara tertinggi pengekusi di dunia.

(mus)

1 Agustus 2016, Jenazah Seck Osmane Dikirim ke Nigeria
lmuwan Iran Shahram Amiri berbicara kepada jurnalis saat tiba di bandara Imam Khomini di Tehran, 15 Juli 2010.

Iran Eksekusi Mati Ilmuwan Nuklirnya

Shahram Amiri dituduh menjadi mata-mata Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016