TKW Indonesia Tewas di Suriah

TKW Damaskus dipulangkan
Sumber :
  • KBRI Damaskus

VIVA.co.id - KBRI Damaskus telah melakukan pemakaman jenazah tenaga kerja wanita (TKW) bernama Lili Mariana Harisadi pada Senin, 18 Januari 2016 di TPU Nazhah, Provinsi Damascus Countryside.

RS Bersalin di Suriah Dihantam Bom Saat Operasi Caesar

Lili merupakan TKW asal Lombok Tengah korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Ia dikirim pasca moratorium penghentian pengiriman tenaga kerja ke Suriah pada September 2011.

"Agen dan para pihak yang terlibat dalam pengiriman almarhumah harus dihukum sesuai UU Tindak Pidana Perdagangan Orang. Proses pemakaman dilakukan dengan syariat Islam dan berjalan dengan sangat lancar dan dimudahkan," ujar Duta Besar RI Damaskus, Djoko Harjanto dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 19 Januari 2016.

Lili ditemukan gantung diri di balik pintu kamarnya menggunakan selendang hijau yang diikatkan pada pipa pemanas ruangan pada 3 Januari 2016.

Pada Senin, 4 Januari 2016, pejabat KBRI Damaskus telah melihat jenazah di kamar mayat RS Mujtahid Damaskus dan menghadiri autopsi untuk mengetahui penyebab kematian.

Berdasarkan hasil autopsi RS Mujtahid Damaskus, korban dinyatakan meninggal dunia pada Minggu, 3 Januari 2016 karena gantung diri.

Rusia Bantah Serang Kamp Pengungsi Suriah

Pejabat Protokol Konsuler sekaligus Pejabat Penerangan Sosial Budaya, AM. Sidqi, menambahkan hingga saat ini masih sering didapati pengiriman TKW ilegal korban perdagangan manusia yang dikirim ke Suriah. Padahal negara itu masih dilanda krisis.

"Wafatnya almarhumah diharapkan merupakan kejadian terakhir. Pelajaran berharga, sekaligus menjadi momentum penghentian total pengiriman TKW ilegal ke Suriah dan penindakan keras para sindikat perdagangan manusia di Indonesia oleh semua pihak," kata Siddqi.

Namun KBRI Damaskus belum memberikan informasi detail mengenai alasan Lili nekat menggantung dirinya. (ase)

Turki Dorong Perkuat Kerja Sama Antarnegara Islam
Sabtu pekan lalu, Pentagon memprotes Moskow atas serangan udara.

Helikopter Rusia Ditembak Jatuh

Di area jatuh, sedang terjadi perang antara pemberontak dan militer.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016