Ethiopia Segera Buka Kedubes di Indonesia

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id -  Direktur Afrika Kementerian Luar Negeri Indonesia, Lasro Simbolon, menyampaikan dorongan Menlu RI, Retno Marsudi terhadap negara-negara Afrika untuk membuka kantor Kedutaan Besar mereka di Indonesia. Beberapa negara tersebut adalah Nigeria, Ethiopia, Kenya, Ghana, dan Senegal.

"Dengan Ethiopia berkembang dengan baik. Waktu itu, Ibu Menlu ke sana, bertemu dengan Presiden dan Menlu Ethiopia serta mendorong keinginan itu (membuka kantor  Kedubes di Indonesia) didorong lagi oleh Menlu," ujar Lasro yang ditemui di gedung Kemlu RI, Jakarta, Senin, 25 Januari 2016.

Lasro menjelaskan, saat itu ada pejabat tingkat tinggi dan Dirjen dari Ethiopia yang dikirim ke Indonesia dan sepakat akan membuka kantor Kedubes pada tahun ini. Nama Dubesnya, kata Lasro, sudah disebutkan dan saat ini Kemlu sedang menunggu keputusan dari DPR.

"Sekarang ada tiga diplomat muda Ethiopia sedang mempersiapkan teknis pembukaan kedutaan. Mudah-mudahan menjadi kenyataan karena untuk membangun hubungan Indonesia dan Afrika, jika mereka ada di sini akan lebih mudah," kata Lasro.

Dia menjelaskan, Ethiopia memiliki sekitar 90 juta penduduk, angka itu merupakan jumlah terbesar kedua setelah Nigeria. Ekonomi di Ethiopia tumbuh mendekati 10 persen dalam satu dekade dan sudah ada dua perusahaan Indonesia di negara itu.

11-2-1990: Nelson Mandela Bebas
Kerja sama Afrika Selatan dan Indonesia.

RI-Afsel Perkuat Kerja Sama Perdagangan dan Investasi

Afsel mitra dagang Indonesia kedua terbesar dari Benua Afrika.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016