Hillary Clinton Menang di Kaukus Iowa

Sumber :
  • REUTERS/Yuri Gripas

VIVA.co.id - Setelah Partai Republik mengumumkan kemenangan Ted Cruz di sebuah negara bagian, kali ini giliran Partai Demokrat mengumumkan kemenangan Hillary Clinton atas Bernie Sanders di Iowa. Hillary hanya menang sangat tipis dari Sanders. Ia meraih 699,57 suara delegasi, sedangkan Sanders meraih 695,49 suara delegasi.

Tim kampanye Clinton menyampaikan kemenangan itu dalam sebuah pernyataan yang disampaikan pada Selasa, 2 Februari 2016. "Hillary Clinton telah memenangkan kaukus Iowa. Setelah melalui laporan tanpa henti dan analisis hasil, tak ada keraguan, Clinton menjadi pemenangnya," tulis pernyataan tersebut.

Saat menyampaikan pidato kemenangannya, Clinton sempat memuji Sanders. Sambil mengangguk dan menatap Sanders, ia mengatakan, "saya sangat bersemangat saat berdebat dengan Sanders tentang cara terbaik di masa depan."

Sementara Sanders memilih mengucapkan terima kasih pada pendukungnya. "Sembilan bulan yang lalu, kita tak memiliki organisasi politik, kita tak punya uang, kita tak memiliki nama yang bisa diakui, tapi kita tetap ambil bagian dalam organisasi politik yang memiliki kekuatan besar dalam negara ini," kata Senator asal Vermont itu. "Ini seperti kita memiliki hubungan kuat melalui dunia maya," katanya yang disambut teriakan dan tepukan meriah dari pendukungnya.

Sebelumnya, Partai Republik lebih dulu mengumumkan kemenangan Ted Cruz dari Trump. Secara mengejutkan, Cruz berhasil menyisihkan Trump yang hingga Sabtu pekan lalu, selalu merajai peringkat pertama dalam pemungutan suara di Iowa. Namun hari ini, Cruz berhasil memenangkan Iowa.

Humayun Khan, Tentara Muslim yang Jadi Pahlawan AS
Donald Trump

Trump Ejek Hillary Clinton Iblis

Pernyataan ini ditujukan ke Sanders yang "menyerah" kepada Hillary.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016