Sanders 'Sapu Bersih' Suara di Tiga Negara Bagian

Bakal calon Presiden AS dari Partai Demokrat Bernie Sanders
Sumber :
  • REUTERS/David Ryder

VIVA.co.id - Bakal calon presiden dari Partai Demokrat Bernie Sanders memenangkan kontes pencalonan presiden di tiga negara bagian yaitu Alaska, Washington dan Hawaii pada Sabtu. Sanders masih harus melewati jalan curam untuk menyalip Clinton, namun kemenangan besar yang diraihnya menjadi momentum awal untuk meningkatkan perolehan suara.

Mengutip kantor berita Reuters, Minggu, 27 Maret 2016, Sanders meraih kemenangan lebih dari 50 persen di Alaska dan Washington, dan memimpin sekitar 40 poin di Hawaii.

"Kami membuat terobosan dalam kampanye ini. Sulit bagi siapa pun untuk menyangkal bahwa kampanye kami memiliki momentum. Kami percaya memiliki jalan untuk meraih kemenangan," kata dia.

Sanders, seorang senator AS dari Vermont, perlu menang hingga dua per tiga suara dari delegasi yang tersisa untuk mengejar Clinton, yang akan terus menumpuk suara delegasi.

"Kemenangan ini akan membantunya mengumpulkan dana lebih untuk beberapa minggu ke depan," kata ahli strategi Demokrat Jim Manley, pendukung Clinton.

Kendati demikian, kata Manley, Hillary Clinton tetap memiliki potensi besar untuk memimpin perolehan suara. (ms)

Laporan : Dinia Adrianjara

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar
Gelombang Aksi Protes Terpilihnya Presiden AS Donald Trump.

Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump

Amerika Serikat sedang mengalami degradasi moral.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2016