Ajang Pamer Pesawat Canggih di Singapore Airshow 2016

Pameran Dirgantara Singapore Airshow 2016
Sumber :
  • VIVA/Zaky Al Yamani

VIVA.co.id -  Bagi para penggemar dunia penerbangan, pekan ini menjadi waktu yang spesial dengan digelarnya Singapore Airshow 2016. Pameran penerbangan terbesar di dunia ini dibuka sejak 16 Februari kemarin, hingga 21 Februari mendatang di Changi Exhebition Center, Singapura.

Dari pantauan VIVA.co.id, di ajang ini, hampir seluruh jenis pesawat canggih berkumpul. Dari jet tempur siluman F-22 seharga US$140 juta hingga Tilrotor Project Zero (pesawat yang lepas landas seperti helikopter dan bisa transisi menjadi pesawat udara standar).

Sejumlah perusahaan pesawat dunia juga meramaikan pameran ini dengan memamerkan produk-produk terbarunya. Seperti Airbus, Boeing, Sukhoi United Aircraft Corporation (UAC) hingga RSAF yang merupakan produsen jet tempur, F-16 (Black Knight).

Perusahaan elektronik pertahanan internasional yang berbasis di Israel, Elbit Systems juga memamerkan produk terbaru mereka, yaitu pesawat tanpa awak kecil (Drone) yang dinamakan Skylark 3.

Skylark 3 memiliki lebar sayap 4,8 meter dan kapasitas muatan 10 kilogram. Skylark 3 memiliki berat take-off maksimum 45 kg. Namun, ukuran ekstra memberikan tambahan baru jangkauan lebih dari 100 km (62 mil).

Salah satu pesawat yang menjadi sorotan di Singapore Airshow 2016 adalah jet tempur F-35. Banyak pengunjung yang mengamati dari dekat, salah satu jet andalan Amerika Serikat ini

Pesawat ini adalah pesawat tempur supersonik berkursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara-ke-udara (dogfight), dukungan udara jarak dekat, dan pengeboman taktis.

Singapore Airshow 2016 yang berlangsung sejak tanggal 16 hingga 19 Februari, ditujukan untuk melakukan kesepakatan bisnis. Seperti salah satunya yang dilakukan Lion Air Group yang meneken MoU dengan CAE, inc terkait pembelian Full Flight Simulator (FFS) senilai total $65 juta.

Sedangkan pamerannya sendiri baru dibuka untuk umum pada 20-21 Februari 2016. Di dua hari ini juga akan digelar aksi akrobatik sejumlah pesawat jet tempur dan pesawat unggulan lainnya. (asp)

Melihat dari Dekat Keangkeran F-35 di Singapore Airshow
Penerjun payung Jogja Air Show mendarat di laut, Sabtu 26 Maret 2016

Penerjun Jogja Air Show yang Jatuh di Laut Meninggal Dunia

Penerjun bernama Wika meninggal dunia setelah dievakuasi tim SAR.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2016