Berantas Zika, WHO Butuh Duit US$56 Juta

Logo WHO
Sumber :

VIVA.co.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membutuhkan dana sebesar US$56 juta untuk melaksanakan program 'Rencana Kerangka Kerja Strategis dan Operasi Bersama' dalam memberantas penyebaran virus Zika.

Seperti dikutip dari situs Sputniknews, Rabu, 17 Februari 2016, tujuan WHO meluncurkan program ini untuk memobilisasi sumber daya serta tindakan pencegahan, perlindungan dan penyediaan perawatan medis, yang merupakan bagian dari perang global melawan wabah Zika.

Dari total dana tersebut, US$25 juta diperlukan untuk mendanai kegiatan sosialisasi anti-Zika di kantor regional WHO di wilayah Amerika (AMRO/PAHO). Sementara US$31 juta akan digunakan untuk mendanai mitra kerja WHO," bunyi keterangan resmi tersebut.

Virus yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegypti ini ditengarai tidak menyebabkan komplikasi serius pada orang dewasa. Namun diduga menyebabkan cacat otak parah dan kasus mikrosefali pada bayi baru lahir.

Awal Februari lalu, WHO menyatakan 'darurat kesehatan dunia' kepada Zika akibat penyebarannya yang cepat ke Amerika Latin, sebagian Amerika Serikat dan Eropa.

Cegah Virus Zika, Jawa Timur Bentuk Tim Reaksi Cepat
Nyamuk Aedes Aegipty, penyebab Virus Zika.

Membedakan Gejala Virus Zika dengan Demam Berdarah

Timbulnya mata merah dan skin rash atau ruam kulit

img_title
VIVA.co.id
8 September 2016