Astronot AS Publikasikan Suara Aneh di Bulan

Astronot AS David Scott saat mendarat di Bulan
Sumber :
  • Ist/RR Auction

VIVA.co.id – Rekaman 'suara' aneh yang didengar oleh tiga astronot NASA setelah mereka mendarat di bulan pada tahun 1969 dipublikasikan. Setelah bertahun-tahun disembunyikan, kini rekaman itu dipublikasikan untuk pertama kalinya.

Untuk Pertama Kalinya Astronot Wanita Asli Amerika Mengudara ke Luar Angkasa

Suara mirip siulan aneh tersebut direkam dan dikirim ke kantor kontrol misi NASA di Houston, Texas. Dilansir dari laman Sky News, Selasa, 23 Febuari 2016, Thomas Stafford, John Young dan Eugene Cernan lepas landas dan akhirnya mendarat di Bulan menggunakan Apollo 10. Salah satu anggota dari trio tersebut mengaku mendengar sebuah suara yang terekam itu.

Selama ini, ketiganya enggan  memberitahu bos NASA tentang suara rekaman tersebut. Mereka khawatir dianggap tidak serius, atau bahkan tidak diikutsertakan pada misi ruang angkasa di masa depan. Seorang ahli teknik di  NASA mengatakan, suara tersebut mungkin disebabkan terjadinya gangguan radio. Namun asumsi itu belum bisa dibuktikan.

Kisah Astronot Misi Apollo 11, Bertaruh Nyawa Saat Balik ke Bumi

"Secara logika, ada sesuatu yang terdegar di sana dan ada sesuatu di sana," kata Al Worde, seorang astronot yang menggunakan Apollo 15.

Sementara, Michael Collins yang menerbangan Apollo 11 mengatakan, ia juga mendengar suara-suara aneh yang terdengar seperti "eerie woo-woo". Namun, ia mengaku telah diperingati mengenai hal tersebut sebelum menjalani misinya.

Hidup di Luar Angkasa, Astronot Bakal Coba Bercocok Tanam

"Jika saya tidak diberi tahu terlebih dulu, saya bisa saja mati ketakutan saat itu," kata Collins.

(mus)

Astronot.

NASA Pantang Mundur Jalankan Misi Spacewalk

Setelah sempat terhenti sejak Maret 2022, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan siap melanjutkan misi berjalan di luar angkasa atau spacewalk.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2022