Untuk Pertama Kalinya Astronot Wanita Asli Amerika Mengudara ke Luar Angkasa

Astronot Nicole Mann.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Astronot Nicole Aunapu Mann menjadi wanita asli Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Wanita berusia 45 tahun itu menjadi bagian dari kru empat orang yang diluncurkan SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). 

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

"Saya sangat bangga mewakili penduduk asli Amerika dan warisan saya," kata dia, dalam konferensi pers sebelum penerbangan, yang dikutip dari laman Axios, Rabu, 19 Oktober 2022.

Menurutnya, sangat penting untuk merayakan keragaman dan juga menyadari betapa pentingnya ketika berkolaborasi dan bersatu, menjadi pencapaian luar biasa yang dimiliki.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Selain menjadi wanita pertama, Nicole Mann akan membuat sejarah karena menjadi penduduk asli Amerika kedua setelah John Herrington yang melakukan perjalanan ke luar angkasa pada 2002.

Komandan SpaceX Crew-5 dari Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) itu telah mengudara pada awal bulan ini. 

Satelit Merah Putih 2 akan Beroperasi Penuh

Di ISS, Nicole Aunapu Mann bersama astronot NASA Josh Cassada yang menjabat sebagai pilot, astronot Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) Koichi Wakata dan kosmonot Roscosmos Anna Kikina yang menjadi spesialis misi.

Nicole Aunapu Mann

Photo :
  • Getty Images

Fakta lainnya disebutkan bahwa dirinya lahir di Petaluma, California dan termasuk dalam Wailacki dari Suku Indian Round Valley.

Nicole Mann belajar teknik mesin di Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy). Dia menerima gelar Master dalam disiplin ilmu yang sama dengan spesialisasi dalam mekanika fluida dari Universitas Stanford.

Untuk mempersiapkan waktunya di luar angkasa, ia menyelesaikan instruksi intensif dalam sistem Stasiun Luar Angkasa Internasional, spacewalks, pelatihan bahasa Rusia, robotika, pelatihan fisiologis, pelatihan penerbangan T-38, dan pelatihan bertahan hidup di air serta hutan belantara. 

Pelatihannya selesai pada Juli 2015 dan sejak itu ia menjabat sebagai petugas keselamatan dan pelatihan T-38 dan sebagai asisten kepala astronot untuk eksplorasi.

Nicole Aunapu Mann memimpin korps astronot dalam pengembangan pesawat ruang angkasa Orion, Sistem Peluncuran Luar Angkasa dan Sistem Tanah Eksplorasi untuk misi ke Bulan.

0lIf4pHdmwQ

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya