Rusia Diam-diam Buat Senjata Mematikan, AS Dibuat Melongo

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)
Sumber :
  • slidstvo.info

Moskow – Rusia sedang mengembangkan senjata baru yang menggunakan nuklir sebagai basisnya, yang direncanakan untuk dilepaskan di luar angkasa dan berpotensi mempengaruhi infrastruktur internet di Bumi.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Dilansir dari CNN Internasional, mennyebut bahwa tiga sumber yang menyatakan bahwa Rusia tengah menggarap senjata yang dapat mengganggu satelit.

Senjata ini mampu mengganggu satelit komersial dan pemerintah yang penting untuk layanan telepon seluler, transaksi online, dan penjelajahan internet.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Ilustrasi satelit.

Photo :
  • MIT Technology Review

Jaringan internet melalui satelit, seperti Starlink yang dimiliki oleh SpaceX, yang memiliki cakupan antariksa, diyakini akan terkena dampaknya, menurut para ahli. Misalnya, jaringan ini telah memberikan layanan internet kepada penduduk Ukraina sejak terjadinya konflik dengan Rusia.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Pemerintah Amerika Serikat (AS) tampaknya telah mengetahui ancaman ini. Mike Turner, seorang perwakilan dari Partai Republik dan ketua Komite Intelijen, menyatakan bahwa pihaknya memiliki informasi mengenai ancaman terhadap keamanan nasional.

Presiden AS Joe Biden menyebut informasi yang diberikan Turner berkaitan dengan kemampuan senjata nuklir anti-satelit yang dimiliki oleh Rusia. Namun, lembaga intelijen enggan untuk memberikan keterangan lebih lanjut.

Pejabat pemerintah AS mengklaim bahwa senjata Rusia tersebut belum berada di orbit. Rusia masih dalam tahap pengembangan hingga saat ini.

Ilustrasi satelit.

Photo :
  • www.esa.int

Dikenal sebagai senjata EMP nuklir, senjata ini dapat menghasilkan gelombang energi elektromagnetik dan partikel bermuatan tinggi. Departemen Pertahanan AS dan komunitas intelijen telah melakukan pelacakan terhadap pengembangan senjata anti-satelit Rusia, termasuk EMP, selama bertahun-tahun

Seorang pejabat pertahanan setempat menyatakan bahwa terdapat banyak laporan intelijen terkait masalah ini dan sudah terjadi sejak beberapa waktu yang lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya