Transgender Muslim Ini Tuntut Pendeta Karena Ia Dilarang Menggunakan Hijab di Penjara

Transgender Muslim Ini Tuntut Pendeta Karena Ia Dilarang Menggunakan Hijab
Sumber :
  • New York Post

Amerika Serikat – Seorang narapidana transgender yang menjalani hukuman 55 tahun penjara karena membunuh anaknya, telah menggugat seorang pendeta penjara di Indiana karena diduga menolak haknya untuk mengenakan jilbab, setelah sebelumnya juga menolak identitasnya sebagai seorang perempuan transgender. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Autumn Cordellione, atau yang juga dikenal dengan 'nama aslinya' Jonathan C. Richardson, menjalani hukumannya di penjara negara bagian Branchville Correctional Facility yang khusus laki-laki, di mana dia hanya diperbolehkan menggunakan jilbabnya di kamar tidur penjara, menurut gugatan perdata yang diajukan pada bulan November. 

Tak terima, ia pun menuntut seorang pendeta yang melarangnya menggunakan jilbab di luar sel.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Transgender Muslim Ini Tuntut Pendeta Karena Ia Dilarang Menggunakan Hijab di Pe

Photo :
  • New York Post

Pendeta tersebut diduga melakukan pelarangan tersebut pada bulan Mei 2023, bahkan setelah Cordellione mengaku telah mengalah pada protokol penjara dengan mengenakan penutup kepala dengan cara yang tidak terlalu tradisional untuk mematuhi masalah keamanan. 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

"(Saya) diberitahu bahwa laki-laki Muslim boleh mengenakan kufi ke mana pun mereka pergi, tetapi saya tidak boleh mengenakan jilbab dan penutup kepala agama perempuan karena saya adalah laki-laki yang tinggal di lembaga laki-laki meskipun saya seorang perempuan transgender, kecuali di area tempat tidur saya,” kata Cordellione dalam surat pengaduannya, melansir New York Post, Kamis, 22 Februari 2024. 

Pendeta penjara tersebut diduga mencoba memerintahkan Cordellione agar tidak mengenakan jilbab karena keyakinan agama resminya terdaftar sebagai “Wiccan,” suatu bentuk paganisme yang pengikutnya mempraktikkan ilmu sihir dan pemujaan alam dan bukanlah seorang Muslim. 

Cordellione, yang dijatuhi hukuman mati karena mencekik putri tirinya yang berusia 11 bulan pada tahun 2001, membalas dengan menyatakan bahwa dia menganut beberapa agama dan dia adalah “transwanita yang menganut agama Islam” yang menggunakan jilbab untuk menutupi kepala dan telinganya untuk “tujuan kesopanan.” 

“Saya menjawab bahwa saya adalah seorang praktisi eklektik yang merupakan anggota Masyarakat Teosofis di Amerika,” tulisnya dalam pengaduan tersebut. “Saya mengamalkan keragaman agama untuk menyesuaikan keyakinan spiritual saya dengan kebutuhan spiritual saya.” 

Cordellione mengklaim bahwa pendeta tersebut melanggar hak Amandemen ke-14 dengan melarangnya mengenakan pakaian keagamaan karena statusnya sebagai wanita transgender.

Dia juga mengklaim bahwa pendeta tersebut telah melanggar Delapan Hak Amandemen terhadap hukuman yang kejam dan tidak biasa dengan menjadikan dia “pelecehan dan ejekan” oleh tahanan Muslim lainnya.

"Dia harus sadar, sebagai Pendeta, stigma dan rasa malu yang diatribusikan kepada perempuan Islam ketika mereka telanjang dan tanpa jilbab,” tulisnya. 

Transgender Muslim Ini Tuntut Pendeta Karena Ia Dilarang Menggunakan Hijab

Photo :
  • New York Post

"Perempuan dipandang sebagai pelacur, penggoda laki-laki, dan pezina, oleh masyarakat Islam baik di dalam maupun di luar penjara. Saya telah dijauhi, dijadikan paria sosial, dan di antara komunitas agama saya sendiri. Karena tanpa dukungan komunitas Islam, saya akan berjuang dan kemungkinan besar gagal mencapai keselamatan karena dengan ajaran Muhammad, saya adalah seorang Muslim yang mengetahui ajaran tersebut, namun tersesat dari mereka yang tidak akan pernah mencapai surga," jelasnya. 

Cordellione pun menuntut ganti rugi sebesar $150.000 atau Rp2,3 miliar dan hak untuk mengenakan jilbab selama berada di penjara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya