Pemerintah Target 180 Ribu Wisatawan Belanda ke Indonesia

Menlu Retno LP Marsudi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/kye/16

VIVA.co.id - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi dan Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders sepakat untuk melakukan peningkatan kerja sama sektor pariwisata dan pendidikan.

Dalam jumpa pers-nya di Gedung Kemlu, Jakarta, Kamis, 24 Maret 2016, Retno mengatakan, jumlah turis Belanda yang datang ke Indonesia semakin meningkat.

Sebagai catatan, pada 2014 sebanyak 14.554 warga negara Indonesia bertandang ke Belanda. Lalu, pada 2015 sebanyak 166.824 wisatawan Belanda berkunjung ke Indonesia.

Sementara Pemerintah Indonesia menargetkan bisa mendatangkan 180 ribu wisatawan Belanda ke Indonesia setiap tahunnya.

Dari sektor pendidikan, ada sekitar 15 ribu pelajar Indonesia menimba ilmu di negeri Kincir Angin itu. Begitu juga sebaliknya. Pelajar Belanda juga semakin banyak yang tertarik untuk memilih institusi pendidikan di Indonesia.

"Hubungan erat kedua negara yang sudah terjalin lama dimanfaatkan dengan saling berbagi pengalaman dan memperdalam kerja sama dalam berbagai sektor. Salah satunya sektor pendidikan dan pariwisata," ujar Retno, didampingi Koenders, usai melakukan rapat tertutup.

Pada kesempatan yang sama, Koenders juga mengharapkan meningkatnya kerja sama di sektor lain seperti transportasi, pertanian, logistik, manajemen sumberdaya air serta infrastruktur.

"Hal ini menjadi perhatian saya agar segera dikembangkan demi keuntungan kedua negara," ungkapnya. Kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya bagi Koenders sejak menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Belanda.

Laporan : Dini Adrianjara

Travel Jepang Bikin Program 'Bersih-bersih Paris'
Salah satu Festival Korea di Jakarta. Bulan Oktober, acara serupa akan kembali digelar.

Strategi Korea Gaet Turis Asal Indonesia

Korea menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan asing.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2016