Langgar Batas Wilayah, Vietnam Tangkap Kapal China

Kapal Penjaga Pantai China di wilayah Laut China Selatan yang menjadi sengketa.
Sumber :
  • REUTERS/Erik De Castro

VIVA.co.id – Nelayan China tampaknya tak kenal takut. Setelah berurusan dengan pemerintah Indonesia dan Malaysia soal pelanggaran batas wilayah, kini giliran Vietnam memprotes hal yang sama.

Menko Polhukam: RI Waspadai Konflik di Laut China Selatan, Rivalitas AS-China Kian Rumit

Media lokal Vitenam menjelaskan, penjaga pantai Vietnam telah menangkap sebuah kapal China dengan alasan memasuki wilayah teritorial mereka. Insiden terjadi di kota pelabuhan Haipong pada Kamis, 31 Maret 2016 lalu.

Dilansir dari laman maritime-executive.com, kapal asal negara tirai bambu itu ditangkap saat sedang membawa bahan bakar diesel di Teluk Tonkin. Kapten kapal China yang dianggap sengaja memasuki wilayah itu beralasan ia melakukannya karena sedang membawa bahan bakar untuk diberikan ke kapal-kapal nelayan China yang ada di sekitar lokasi.

Ambil Contoh Situasi Laut China Selatan, ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Diberitakan harian The Thanh Nien, kapal itu berikut kapten dan dua pelaut lainnya kini berada di bawah pengawasan otoritas Vietnam. Penjaga pantai Vietnam sebelumnya sudah sering memberikan peringatan dan mengejar kapal penangkap ikan milik China yang berlayar di perairan mereka namun belum pernah berhasil menangkapnya.

Vietnam tak sendirian. Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi mengatakan pihaknya telah menyampaikan pesan diplomatik kepada China sebaga bentuk protes karena kapal mereka yang memasuki wilayah perairan Indonesia.

Waspada! Indonesia Dikepung 2 Negara Pemilik Rudal Tomahawk Pembawa Malapetaka

Pekan berikutnya, giliran Malaysia yang protest.  100 kapal nelayan China bersama dengan dua kapal penjaga pantai (China) dilaporkan terlihat masuk tanpa izin ke perairan Malaysia dekat Beting Patinggi Ali. Akibatnya Malaysia memanggil Dubes China untuk meminta klarifikasi atas pelanggaran wilayah laut tersebut.

VIVA Militer: Laksamana John Aquilino

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Dengan kekuatan perangnya, China mampu mengubah tatanan dunia.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024