Pemimpin Senior Al Qaeda Tewas Akibat Serangan Udara

Abu Firas al-Suri
Sumber :
  • Reuters/Files

VIVA.co.id - Kelompok Al Qaeda cabang Afrika Utara telah mengonfirmasikan mengenai kabar kematian seorang pemimpin terkenal mereka yang berafiliasi dengan jaringan ekstremis Suriah, Abu Firas al-Suri.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Rabu, 6 April 2016, al-Suri dilaporkan tewas karena serangan udara yang dilakukan militer Amerika Serikat di wilayah barat laut Suriah, pada Minggu.

Pernyataan tersebut dibuat oleh Al Qaeda melalui media online, Islamic Maghreb, pada Selasa sebagai penghormatan kepada al-Suri yang tewas karena serangan negara yang dipimpin oleh koalisi internasional.

Pernyataan tersebut merupakan konfirmasi publik pertama yang pernah dibuat oleh Al Qaeda. Sementara Departemen Pertahanan AS (Pentagon) membenarkan bahwa pihaknya yang telah menjalankan operasi serangan udara yang menewaskan al-Suri.

Ia merupakan anggota senior dari jaringan Al Qaeda dari negara Suriah yang membuat kebijakan Dewan Shura.

"Serangan militer udara AS pada hari Minggu lalu mengenai pertemuan tingkat tinggi Al Qaeda di barat laut Suriah di mana al-Suri berada. Kami masih mengonfirmasikan kebenaran resminya tentang kematian al-Suri," kata juru bicara Pentagon.

Tebakan Beruang Putih 'Peramal' Soal Trump Benar
Gelombang Aksi Protes Terpilihnya Presiden AS Donald Trump.

Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump

Amerika Serikat sedang mengalami degradasi moral.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2016