18 Tentara Filipina Tewas dalam Pertempuran Lawan Abu Sayyaf

Tentara Filipina
Sumber :
  • Reuters/Erik De Castro

VIVA.co.id – Militer Filipina menyebutkan, setidaknya 18 tentara tewas dalam sebuah pertempuran sengit dengan kelompok militan di selatan negara itu. Selain itu, ada 50 tentara lainnya terluka dalam kontak senjata Sabtu, 9 April 2016, di Pulau Basilan.

Ternyata TNI Ikut Terlibat Selamatkan 4 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Sementara itu, dari kelompok militan, dilaporkan lima orang tewas.

Militer Filipina dilaporkan sedang memburu pimpinan Abu Sayyaf yang telah menyatakan sumpahnya untuk bergabung dengan kelompok ISIS. Di mana pemerintah Amerika Serikat menawarkan imbalan sebesar US$5 juta untuk informasi yang mengarahkan pada penangkapan Isnilon Hapilon.

Anggota DPR Respons Penyelamatan 3 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

Setidaknya empat tentara dikabarkan dipenggal kepalanya, dalam pertempuran melawan 100 anggota Abu Sayyaf. Ungkap juru bicara komando militer setempat.

"Kelompok kami (tentara Filipina) sedang mengarah untuk menyerang mereka (Abu Sayyaf). Di tengah jalan, mereka disergap," ujar Kolonel Benedict Manquiquis, juru bicara pasukan militer Filipina yang terlibat dalam pertempuran, kepada radio DZRH sebagaimana dikutip dari BBC, Minggu, 10 April 2016.

Seorang WNI yang Diculik Abu Sayyaf Belum Diketahui Nasibnya

"Pasukan lawan berada pada posisi yang lebih tinggi, sehingga ke mana pun pasukan kami berlindung, mereka tetap kena oleh tembakan senjata api dan bom rakitan," tuturnya.

Saat ini, masih ada 18 orang yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf, termasuk di antaranya 10 warga negara Indonesia, dua warga Kanada, dan seorang Norwegia.

Ilustrasi - Karyawan memeriksa kondisi suhu envirotainer berisi bahan baku vaksin COVID-19 buatan Sinovac saat tiba di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 20 Juni 2021.

Kaleidoskop 2021: Lonjakan COVID-19, KRI Nanggala hingga Herry Cabul

Sepanjang 2021, terjadi berbagai peristiwa yang menjadi perhatian, mulai dari lonjakan kasus COVID-19, tenggelamnya KRI Nanggala-402 hingga terkuaknya kasus asusila.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021