Putin Kecam Provokasi Panama Papers

Presiden Rusia, Vladimir Putin.
Sumber :
  • REUTERS/Alexei Druzhinin/RIA Novosti/Kremlin

VIVA.co.id – Vladimir Putin membantah laporan media yang mengatakan miliaran dolar dalam rekening luar negeri di Panama terkait dengannya, dan menyebutnya sebagai "provokasi" atas dukungan Amerika.

Pandora Papers Menguak Rahasia Orang Terkaya dan Terkuat di Dunia

Ia mengatakan kepada warga Rusia bahwa krisis ekonomi negara itu akan mereda tahun depan.

Kebocoran dokumen rahasia dari sebuah firma hukum di Panama awal bulan ini telah membuat marah Kremlin. Mereka menyerang Putin atas sejumlah pertanyaan tentang rekeningnya di luar negeri yang diduga milik salah satu teman dekat pemimpin Rusia itu.

Jerman Keluarkan Perintah Penangkapan Internasional Terkait Skandal Panama Papers

Berbicara dalam sebuah televisi nasional, Putin membantah kebocoran dokumen dan laporan media. Ia menyebutnya sebagai bagian dari plot AS untuk mendiskreditkan politisi Rusia menjelang pemilihan parlemen akhir tahun ini.

"Mereka harus memahami bahwa isu ini bukan tentang orang-orang tertentu atau individu, tidak peduli apa posisi yang mereka pegang di Rusia. Masalahnya adalah tentang negara yang tidak dapat dimanipulasi," kata Putin, seperti dilansir dari Reuters, Jumat 15 April 2016.

Skandal Panama Papers Dibuat Film, Ini Bintangnya

Putin juga tetap membela Sergei Roldugin, sahabatnya, yang menurut laporan Panama Papers memiliki kerajaan bisnis dan terlibat dalam transaksi offshore yang mungkin terkait dengan Putin.

Laporan : Dinia Adrianjara

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya