Ini Wujud Penghargaan Masyarakat Kaliningrad untuk Indonesia

Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Belarusia, M. Wahid Supriyadi (kanan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/KBRI Moskow

VIVA.co.id – Aroma Indonesia mulai tercium ketika memasuki ruang pameran Museum of The World Ocean di kota Svetlogorsk, Kaliningrad, sekitar 1.250 kilometer barat Moskow, ibu kota Rusia.

Bangun Penyimpanan Migas, RI Terbuka untuk Investasi Rusia

Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, disambut senyum ramah diselingi ucapan "selamat siang" dalam Bahasa Indonesia oleh staf KBRI di Moskow, Svetlana Svetkova selaku Direktur Museum of The World Ocean dan 500 pengunjung museum.

Wahid menghadiri pembukaan pameran etnografis Asia Tenggara bertemakan "People of the Sea” (Orang Laut) pada Sabtu, 16 April 2016.

Ini Hasil yang Dibawa Jokowi dari Korsel dan Rusia

Dalam sambutannya, ia mengaku sangat terkejut sekaligus kagum dengan antusiasme kurator lokal untuk menampilkan pameran bertemakan Asia, di mana dari sekitar 1.000 benda budaya yang dipamerkan, 70 persennya berasal dari Indonesia.

"Saya sangat berterima kasih atas sambutan dan dukungannya. Saya berjanji akan mendatangkan pengajar gamelan tahun ini dan akan mengirim misi bisnis dan budaya Indonesia pada tahun 2017," kata Wahid, yang baru 17 hari berada di Rusia, melalui keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 19 April 2016.

Presiden Tekankan 3 Poin Penting Hubungan RI-Rusia

Ruang demi ruang ditata dengan baik dan pengunjung dapat melihat benda-benda seni dari Sulawesi, Sumatera, Papua, dan Bali. Para pengunjung juga diperbolehkan bermain Gamelan Bali, meskipun belum ada pengajarnya.

Museum of The World Ocean resmi dibuka sejak lima bulan lalu, dan berlokasi di Provinsi Kaliningrad yang berbatasan dengan Lithuania dan Polandia, mantan sekutu Rusia era Perang Dingin.

Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah isu dalam KTT Rusia-ASEAN di Sochi

Rusia Puas Dengan Hasil Rusia-ASEAN Summit

"Kami juga berharap ada peningkatan kerja sama dengan Indonesia."

img_title
VIVA.co.id
30 Mei 2016