Aleppo Membara, Bantuan Pangan ACT Dikirim ke Suriah

Bantuan kemanusiaan Tim ACT ke Aleppo, Suriah
Sumber :
  • VIVA.co.id/ACT

VIVA.co.id – Sudah hampir sepekan, Tim SOS Syria - ACT menjejakkan kaki di Turki. Sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Suriah, pilihan untuk transit di Turki dianggap jadi solusi terbaik hingga kini.

Militer Rusia dan Suriah Hancurkan Rumah Sakit Darurat Militan Suriah

Apalagi, mengingat blokade rezim di Aleppo masih sulit untuk ditembus, bahkan banyak bantuan kemanusiaan yang dirilis oleh PBB tertahan di perbatasan Suriah, menunggu otorisasi dari rezim yang nampak sengaja menahan dan mempersulit kiriman logistik tersebut.

Berdasarkan siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 13 Mei 2016, pada Rabu lalu, Tim SOS Syria- ACT dipimpin langsung oleh Syuhelmaidi Syukur selaku Senior Vice President-ACT sukses mendistribusikan bantuan pangan untuk kamp pengungsian Suriah yang terletak di sebuah kota sebelah selatan Turki, dekat dengan garis batas Suriah.

Tragedi Dunia, Bayi Muhammad Wafat Akibat Perang Horor Rusia

“Terimakasih. Semoga dibalas kebaikan oleh Allah SWT. Alhamdulillah, kebutuhan dapur dan logistik kami terpenuhi untuk dua pekan ke depan," kata Abdul Hamid, kordinator logistik kompleks tersebut.

Distribusi bahan pangan ini difokuskan untuk anak yatim dan janda korban perang Suriah yang kini menetap di kamp pengungsian, di sebuah desa kecil bernama Baglar Mahalesi.

Konspirasi Jahat Pangeran Arab ke Rusia Terbongkar, CIA Marah Besar

Logistik berupa bahan pangan amanah masyarakat Indonesia pun tuntas terdistribusi di salah satu kamp pengungsian Baglar Mahalesi. Kamp ini hanya berjarak kurang lebih 61 kilometer dari Kota Aleppo jika ditilik menggunakan aplikasi jelajah Google Maps.

Tentu, walau perjalanan menuju Aleppo hanya sekira hitungan satu jam perjalanan, jalan membentang menuju Aleppo tak bisa begitu saja dilintasi, ada gerbang perbatasan super ketat yang tak bisa ditembus sembarangan.

Ada risiko keamanan yang harus dipikirkan matang. Kamp pengungsi yang jadi sasaran di Baglar Mahalesi adalah kompleks pengungsian cukup besar yang dikelola oleh sebuah NGO asal Suriah.

Kompleks ini memiliki dapur umum, pusat pendidikan, pusat bermain anak, masjid dan ruang-ruang untuk tempat para penghuni komplek ini bertatap muka dan bersilaturahim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya