12 Senator Filipina Resmi Terpilih

Warga Filipina memilih kandidat Pemilu di atas kertas khusus
Sumber :
  • AP Photo/Bullit Marquez

VIVA.co.id – Komisi Pemilihan Umum Filipina (Comelec) resmi mendapuk 12 Senator yang memenangi suara pada pemilu 9 Mei 2016. Ke-12 Senator ini adalah Franklin Drilon, Joel Villanueva, Vicente Sotto III, Panfilo Lacson, Richard Gordon, Juan Miguel Zubiri, Emmanuel "Manny" Pacquiao, Francis Pangilinan, Risa Hontiveros, Sherwin Gatchalian, Ralph Recto, dan Leila de Lima.

Duterte Menolak Minta Maaf Atas Kematian dalam Perang Antinarkoba

Manny Pacquiao sendiri berada di posisi ketujuh dengan memperoleh 16,05 juta suara. Sementara peringkat pertama dan kedua masing-masing ditempati Drilon dengan 18,6 juta suara dan Villanueva dengan 18,5 juta suara. Masa jabatan mereka secara resmi akan dimulai pada 30 Juni 2016, pelantikan berbarengan dengan Presiden dan Wakil Presiden Filipina, hingga 30 Juni 2022.

Mengutip situs Mb, Jumat, 20 Mei 2016, Ketua Comelec Andres Bautista, mengatakan penghitungan suara didasarkan pada penilaian 44,9 juta pemilih dari 55,7 pemilih terdaftar dalam pemilu 2016.

Gagal Capai Target Vaksinasi COVID-19, Duterte Ancam Hukum Pejabat

Menurutnya, dengan hanya tersisa 1.211 surat suara yang belum diterima, hal ini tidak mempengaruhi jumlah suara dan peringkat ke-12 Senator, yang pada akhirnya diumumkan secara resmi. Kecuali wilayah Sotto dan Lacson, yang belum diterima hasil penghitungan suaranya.

Saat berkampanye, ada dua program yang diusung oleh Pacquiao. Pertama adalah pendidikan gratis untuk semua kalangan. Kedua, pemberlakuan kembali hukuman mati untuk pengedar narkoba dan pelaku kriminal berat lainnya.

Duterte Usul Warga yang Tak Mau Divaksin Disuntik Saat Tidur

Dalam pemilu tahun ini, tak semua pemilik suara ikut. Hanya sekitar 80 persen dari 55 juta warga yang mau menyumbangkan suaranya. Sisanya, memilih untuk menjadi golongan putih.

BBC Indonesia

Pilpres Filipina, Siapa Saja Kandidatnya dan Apa Isu Utamanya?

Pemilihan Presiden Filipina, yang digelar Mei 202, bakal menjadi kontroversial karena para kandidat utamanya terdiri dari anak presiden Duterte, putri eks diktator Marcos, serta petinju terkenal Manny Pacquaiao.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022