Taliban Cari Sosok Pengganti Mullah Mansour

Pemimpin Taliban Afghanista, Mullah Akhtar Mohammad Mansoor. Tewasnya Mansoor membuat kelompok militan tersebut mencari penggantinya.
Sumber :
  • Reuters/Taliban Handout/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Dewan Kepemimpinan Taliban mengadakan pertemuan untuk mulai mempertimbangkan pemilihan pemimpin baru setelah Mullah Akhtar Mohammad Mansour dipastikan tewas dalam serangan udara AS di perbatasan Pakistan, Sabtu lalu.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Serangan yang menargetkan Mansour ini merupakan yang terbaru, sejak serangan pada 2011 terhadap pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden dan memicu protes Islamabad bahwa kedaulatannya telah dilanggar.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Senin, 23 Mei 2016, seorang sumber dari pihak Taliban mengatakan, pertemuan para dewan pimpinan atau Rahbari Shura pada Minggu, mendiskusikan kemungkinan kandidat penerus, salah satunya, adalah komandan gerilyawan Sirajuddin Haqqani.

ISIS-K Bertanggungjawab Atas Aksi Terorisme di Rusia, Taliban Buka Suara

Haqqani, dikenal luas oleh Amerika Serikat dan para pejabat Afghanistan sebagai panglima perang paling berbahaya dalam pemberontakan Taliban, serta bertanggung jawab dalam serangan mematikan, termasuk serangan di Kabul bulan lalu yang menewaskan 64 orang.

"Berdasarkan hierarki kepemimpinan, Haqqani akan menjadi calon pemimpin yang paling pantas menggantikan Mansour," kata Michael Kugelman, pengamat senior di Woodrow Wilson Institute.

9 Orang Ditembak dan 170 Diculik Tanpa Alasan di Afghanistan

Taliban juga mempertimbangkan Mullah Mohammad Yaqoob, anak dari pendiri kelompok Taliban, Mullah Mohammad Omar. Mantan tahanan Guantanamo, Mullah Abdul Qayyum Zakir dan Mullah Sherin juga disebut menjadi calon pemimpin Taliban berikutnya.

Sebelumnya, serangan drone yang dilakukan pihak AS telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Barack Obama, yang menunjukkan bahwa Amerika siap untuk melawan kepemimpinan Taliban di Pakistan, yang dituduh telah melindungi pemberontak.

VIVA Militer: Pasukan Taliban Afghanistan

Rusia Akan Hapus Taliban dari Daftar Teroris Internasional, Sengaja Buat AS Kesal?

Rusia mengumumkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menghapus Taliban dari daftar organisasi teroris internasional, kata para pejabat di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024