ISIS-K Bertanggungjawab Atas Aksi Terorisme di Rusia, Taliban Buka Suara

Taliban Afghanistan
Sumber :
  • X

Afghanistan – Penguasa Taliban Afghanistan telah mengeluarkan pernyataan yang mengecam dengan keras atas serangan pada Jumat 22 Maret 2024 lalu di tempat konser di Moskow yang menewaskan sedikitnya 115 orang dan melukai lebih dari 150 lainnya.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Kementerian Luar Negeri Taliban berkata, “Kami mengutuk dengan keras serangan teroris baru-baru ini di Moskow, yang diklaim oleh Daesh & menganggapnya sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap semua standar manusia," tulis juru bicara kementerian Abdul Qahar Balkhi di X (sebelumnya Twitter) mengacu pada Islam Organisasi ekstremis Negara (IS) dengan akronim bahasa Arabnya, melansir RFERL, Selasa, 26 Maret 2024.

Sebelas orang telah ditangkap: empat pelaku utama Dalerdzhon Mirzoyev (32), Saidakrami Rachabalizoda (30), Mukhammadsobir Faizov (19) dan Shamsidin Fariduni (25), dan tujuh lainnya yang diyakini sebagai kaki tangan.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Photo :
  • X

Negara Islam Khorasan (ISIS-K), yang namanya diambil dari istilah lama untuk wilayah yang mencakup sebagian Iran, Turkmenistan, dan Afghanistan, muncul di Afghanistan timur pada akhir tahun 2014 dan dengan cepat mendapatkan reputasi atas kebrutalan ekstremnya. ISIS-K muncul setelah para pemimpinnya memisahkan diri dari al-Qaeda dan Taliban.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Para pejuangnya menyatakan kesetiaan mereka kepada ISIS yang lebih kejam dan ekstremis dan melancarkan serangan di Irak dan Suriah, serta terhadap sasaran-sasaran di Barat.

 “ISIS Khorasan adalah salah satu cabang pertama (di Asia Tengah) yang berjanji setia kepada ISIS,” kata Asfandyar Mir, pakar senior di Institut Perdamaian Amerika Serikat, melansir NPR.

Menurut Mir, kelompok tersebut berusaha membedakan dirinya di antara para pejuang jihad dengan mengadopsi pandangan dunia Islam radikal yang lebih militan dan tanpa kompromi dibandingkan para pesaingnya, termasuk al-Qaeda dan Taliban.

Teroris Pelaku Penembakan di Rusia

Photo :
  • AP Photos

ISIS-K memiliki sejarah serangan, termasuk terhadap masjid, di dalam dan di luar Afghanistan.

Pada Agustus 2021, ISIS-K melancarkan serangan mematikan di bandara Kabul di Afghanistan yang menewaskan lebih dari 150 warga sipil Afghanistan dan lebih dari selusin anggota militer AS. Para pemimpin kelompok ini sebagian besar masih berbasis di Afghanistan timur dan Pakistan.

Namun menurut para ahli di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), kelompok tersebut telah berupaya memperluas operasinya di wilayah “Khorasan”, sebuah istilah bersejarah yang mencakup sebagian Asia Tengah, Afghanistan, Iran dan Pakistan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya