Pengadilan Rusia Unggah Foto dan Video Pelaku Terorisme Moskow, Babak Belur Disiksa

Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia
Sumber :
  • AP Photo/Alexander Zemlianichenko

Rusia – Empat tersangka yang didakwa aksi terorisme di sebuah konser di luar Moskow dalam serangan paling mematikan di Rusia selama dua dekade muncul di pengadilan negara pada hari Minggu, dalam keadaan berlumuran darah, memar, dan babak belur serta tampak disorientasi.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Pengadilan Distrik Basmanny Moskow secara resmi mendakwa Dalerdzhon Mirzoyev (32), Saidakrami Rachabalizoda (30), Mukhammadsobir Faizov (19) dan Shamsidin Fariduni (25), karena melakukan serangan teroris kelompok yang mengakibatkan kematian rutusan orang. Pelanggaran tersebut diancam dengan hukuman maksimal penjara seumur hidup.

Pernyataan pengadilan mengatakan dua tersangka menerima kesalahan mereka dalam penyerangan tersebut setelah didakwa dalam sidang pendahuluan, meskipun kondisi para pria tersebut menimbulkan pertanyaan apakah mereka bisa berbicara dengan bebas, melansir Financial Review, Selasa, 26 Maret 2024.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

Photo :
  • AP Photo/Alexander Zemlianichenko

Salah satu tersangka, Faizov, dibawa ke pengadilan langsung dari rumah sakit dengan menggunakan kursi roda dan duduk dengan mata tertutup selama persidangan. Dia dihadiri oleh petugas medis saat berada di pengadilan, di mana dia mengenakan gaun rumah sakit dan celana panjang dan terlihat dengan banyak luka.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Tiga orang lainnya muncul di pengadilan dengan kondisi memar dan wajah bengkak di tengah laporan di media Rusia bahwa mereka disiksa selama interogasi oleh petugas keamanan.

Salah satu tersangka, Rachabalizoda, dibalut di bagian telinga kanannya. Media Rusia melaporkan pada hari Sabtu bahwa telinganya dipotong selama interogasi.

Teroris Pelaku Penembakan di Rusia

Photo :
  • AP Photos

Tersangka lainnya mempunyai kantong plastik robek di lehernya, dan tersangka keempat dengan wajah bengkak tampak bingung dan kesulitan untuk tetap membuka matanya.

Kedua pria tersebut, yang diidentifikasi oleh media Rusia sebagai warga negara bekas republik Soviet, Tajikistan, namun bekerja sebagai buruh migran di Rusia, akan ditahan sebelum persidangan hingga 22 Mei, menurut saluran Telegram resmi pengadilan Moskow.

Kelompok ISIS yang mengaku bertanggung jawab atas serangan konser tersebut berhasil merekrut ratusan pengikutnya dari kalangan buruh migran asal Asia Tengah di Rusia yang kerap marah atas diskriminasi yang sering mereka hadapi.

Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

Photo :
  • AP Photo/Alexander Zemlianichenko

Sidang di pengadilan terjadi ketika Rusia menurunkan bendera setengah tiang untuk hari berkabung dan Presiden Vladimir Putin berjanji untuk menghukum semua orang di balik serangan itu, yang menewaskan 137 orang, termasuk tiga anak-anak, dan 182 lainnya luka-luka.

Rekaman video menunjukkan Putin yang tampak muram menyalakan lilin di sebuah gereja di kediamannya di luar Moskow pada Minggu malam untuk menghormati mereka yang meninggal.

Orang-orang juga meletakkan bunga di Balai Kota Crocus, gedung konser berkapasitas 6.200 kursi di luar Moskow tempat empat pria bersenjata menyerbu masuk tepat sebelum grup rock era Soviet, Picnic, naik ke panggung. Orang-orang tersebut menembakkan senjata otomatis mereka dalam waktu singkat ke arah warga sipil yang berteriak-teriak.

Meskipun ISIS telah mengaku bertanggung jawab, Putin belum secara terbuka menyebutkan kelompok militan Islam tersebut terkait dengan para penyerang, yang menurutnya berusaha melarikan diri ke Ukraina. Dia mengatakan bahwa beberapa orang di “pihak Ukraina” telah siap untuk menghalau orang-orang bersenjata di seberang perbatasan.

Teroris Pelaku Penembakan di Rusia

Photo :
  • AP Photos

Ukraina membantah terlibat dalam serangan itu.

Serangan tersebut adalah yang paling mematikan di wilayah Rusia sejak pengepungan sekolah Beslan tahun 2004, ketika militan Islam menyandera lebih dari 1.000 orang. Lebih dari 300 orang tewas pada saat itu, lebih dari separuhnya adalah anak-anak.

Dmitry Medvedev, wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, mengatakan Rusia akan menargetkan mereka yang berada di balik penembakan mematikan itu, dari mana pun mereka berasal dan siapa pun mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya