5 Serangan Mengerikan ISIS-K, Terbaru Serang Konser di Mokow Rusia

Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow
Sumber :
  • X

Moskow – ISIS-K merupakan kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan teroris mematikan di Moskow.

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Seperti diketahui, ISIS-K didirikan pada 2015 oleh anggota Taliban Pakistan yang tidak puas, yang kemudian memeluk versi Islam yang lebih keras.

Kelompok ini mengalami penurunan jumlah pejuang sekitar setengahnya, menjadi sekitar 1.500 hingga 2.000 pejuang pada tahun 2021 akibat kombinasi serangan udara Amerika dan serangan komando Afghanistan yang menewaskan banyak pemimpinnya.

Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

Ambulans, personel tiba di tempat konser Balai Kota Crocus dekat Moskow, Rusia

Photo :
  • Anadolu Ajansi

ISIS-K, sebuah kelompok afiliasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Afghanistan, melakukan serangan dan menyerbu sebuah gedung konser besar di Moskow, Rusia pada hari Jumat.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Mereka melepaskan tembakan di antara kerumunan orang, yang mengakibatkan gedung konser terbakar dan atapnya runtuh.

Serangan ini merupakan serangan paling mematikan di Rusia dalam beberapa tahun terakhir, terjadi di tengah perang di Ukraina yang telah memasuki tahun ketiga.

Walikota Moskow Sergei Sobyanin menyebut serangan tersebut sebagai "tragedi besar." Menurut laporan dari Dinas Keamanan Federal Rusia, sebanyak 40 orang tewas dan lebih dari 100 orang lainnya terluka dalam serangan tersebut.

Namun, beberapa laporan berita Rusia menyatakan bahwa jumlah korban yang terjebak dalam kobaran api yang meledak setelah para penyerang melemparkan bahan peledak mungkin lebih banyak.

Sebelum peristiwa ini terjadi, ISIS kerap kali menggemparkan melalui penyerangan-penyerangan di berbagai belahan dunia. Berikut Daftranya:

Daftar Serangan ISIS-K

Kelompok ISIS di Khorasan, Afghanistan atau biasa disebut ISIS-K

Photo :
  • Twitter
  • Pada Januari 2022, ISIS menyerang penjara Ghuwaryan (alias PRISF Hasakah) yang menyebabkan pengepungan selama seminggu di fasilitas tersebut dan lingkungan sekitarnya, menewaskan lebih dari 100 penjaga penjara dan 400 tahanan ISIS.
  • Pada Juli 2021, ISIS melakukan bom bunuh diri di pasar yang ramai pada malam hari raya Idul Adha, menewaskan sedikitnya 35 orang dan melukai lebih dari 60 lainnya di daerah Baghdad, Irak.
  • Di tahun 2016, ISIS melakukan bom mobil bunuh diri yang menewaskan lebih dari 200 orang tepatnya di daerah Baghdad, Irak.
  • Pada pertengahan 2015 tepatnya bulan Juni, pejuang ISIS juga pernah menyerang kota Kobane, Syria hingga menewaskan sedikitnya 145 warga sipil. Pada hari yang sama, militan yang terkait dengan ISIS menyerang sebuah masjid Syiah di Kuwait, menewaskan 27 orang dan melukai lebih dari 200 orang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya