Aksi Terorisme di Rusia, Prancis Juga Ikut Naikkan Status Negara Jadi 'Serangan Darurat'

Tim SWAT diturunkan saat kejadian terorisme di Moskow
Sumber :
  • AP News

Prancis – Negara Prancis ikut meningkatkan kewaspadaan keamanannya ke tingkat tertinggi setelah serangan mematikan baru-baru ini yang terjadi di gedung konser di pinggiran ibu kota Rusia, Moskow.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Serangan itu diklaim dilakukan oleh kelompok “Negara Islam Provinsi Khorasan” (IS-K) atau ISIS-K yang berbasis di Afghanistan.

Lebih dari 137 orang tewas dan 140 luka-luka dalam serangan mematikan yang terjadi di Balai Kota Crocus pada hari Jumat malam, tepat sebelum sebuah konser berlangsung. Pihak berwenang telah menahan empat tersangka dan tujuh lainnya yang diyakini ikut terlibat, yang diidentifikasi dalam laporan berita Rusia sebagai warga negara Tajikistan, sambil menunggu persidangan.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron

Photo :
  • X

Perdana Menteri Gabriel Attal mengumumkan tindakan tersebut dalam sebuah postingan di platform X (sebelumnya Twitter).

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

“Kami telah memutuskan untuk menaikkan status Vigipirate ke level tertinggi: serangan darurat,” katanya, mengacu pada sistem peringatan keamanan di Prancis, melansir DW, Senin, 25 Maret 2024.

Attal mengatakan bahwa pemerintah telah mengambil keputusan tersebut "dengan mempertimbangkan klaim tanggung jawab ISIS atas serangan (di Moskow) dan ancaman yang membebani negara kami."

Sistem peringatan Perancis memiliki tiga tingkat. Tingkat "serangan darurat" diaktifkan setelah terjadi serangan di Perancis atau di luar negeri atau ketika ancaman serangan dianggap akan segera terjadi. Tingkat kewaspadaan tertinggi memungkinkan dilakukannya langkah-langkah keamanan yang luar biasa, termasuk peningkatan patroli angkatan bersenjata di tempat-tempat umum.

Pengumuman perdana menteri tersebut disampaikan setelah Presiden Emmanuel Macron mengadakan pertemuan keamanan darurat setelah serangan hari Jumat.

IS-K adalah salah satu cabang kelompok teror “Negara Islam” (ISIS) yang paling mematikan, yang telah membunuh ribuan orang di Afghanistan dan Pakistan sejak tahun 2015. Meskipun sebagian besar aktif di Asia Tengah dan Selatan, kelompok ini juga melakukan operasi yang menargetkan Eropa dan Amerika Utara.

Kelompok Khorasan bersumpah setia kepada ISIS pada tahun 2015, ketika ISIS menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah.

Pada bulan Desember 2023, polisi Jerman menangkap seorang warga Tajikistan yang dicurigai merencanakan serangan terhadap katedral bersejarah di Cologne pada Hari Tahun Baru. Pihak berwenang menuduhnya sebagai pemimpin sel teror IS-K.

Tim SWAT diturunkan saat kejadian terorisme di Moskow

Photo :
  • AP News

ISIS telah melakukan beberapa serangan di Perancis, termasuk serangan terhadap teater Bataclan dan situs lain di Paris pada tahun 2015.

Sehubungan dengan serangan hari Jumat di ibu kota Rusia, Pengadilan Distrik Basmanny Moskow secara resmi mendakwa empat tersangka berusia antara 19 dan 32 tahun karena melakukan aksi teroris kelompok yang mematikan. Mereka terancam hukuman maksimal penjara seumur hidup. Dua terdakwa telah mengaku bersalah, kata pengadilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya