Taklukkan Langit, Ini 5 Pesawat Italia Paling Mematikan di Perang Dunia II

Savoia-Marchetti SM.79 Sparviero
Sumber :
  • simpleflying

VIVA – Regia Aeronautica, atau Angkatan Udara Kerajaan Italia, beroperasi di bawah bayangan kekuatan udara yang jauh lebih besar seperti RAF Inggris, Luftwaffe Jerman, dan kemudian Angkatan Udara AS selama Perang Dunia Kedua, walaupun jarang diangkat dalam cerita pesawat tempur ikonik yang menentukan perang tersebut. 

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Meskipun Italia tidak mampu memproduksi pesawat dalam jumlah sebanyak negara-negara sekutu mereka, mereka tetap berhasil menghasilkan banyak pesawat yang berkualitas dengan tingkat efektivitas yang bervariasi. 

Italia memasuki perang pada bulan Juni 1940 dan menjadi kekuatan Poros besar pertama yang menyerah kepada Inggris dan Amerika pada bulan September 1943 setelah tiga tahun berperang. Dikutip dari simpleflying, berikut lima pesawat Italia yang paling mengerikan di Perang Dunia kedua:

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

1. Fiat CR.32

Sebagian besar sudah usang karena Perang Dunia Kedua, Fiat CR.32 telah membangun reputasi yang luar biasa di tahun-tahun antar perang. Fiat CR.32 adalah pesawat perang Italia yang paling banyak diproduksi pada masa perang. Pesawat ini diperkenalkan oleh Italia pada tahun 1933. Pesawat ini merupakan pesawat tempur biplan yang kompak dan dapat bermanuver dengan undercarriage tetap pada saat itu. 

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Pesawat ini menikmati karir militer yang panjang di Italia dan Spanyol (selama Perang Saudara Spanyol). Meskipun ia mendapatkan reputasi sebagai salah satu pesawat tempur paling menonjol pada tahun 1930-an, pada Perang Dunia Kedua, Fiat CR. 32 sebagian besar sudah usang.

Menurut Flugzeug, CR.32 memiliki kecepatan tertinggi 223 mil per jam dan total 1.312 pesawat diproduksi. Ia diambil alih oleh desain Italia yang lebih modern seperti Fiat CR.42 Falco selama perang. 

Ia menyaksikan layanan di teater Italia pada Perang Dunia Kedua dan mungkin keberhasilan terbesarnya datang dalam kampanye Italia di Afrika Timur (sekarang Etiopia dan Eritrea). CR. 32 juga bertugas di angkatan udara Tiongkok, Austria (sebelum aneksasi Jerman), Hongaria, Paraguay, dan Venezuela.

2. Fiat CR.42 Falco

Fiat CR.42 dianggap sebagai biplan terbaik yang beroperasi pada tahun 1940 meskipun bersenjata ringan. Fiat CR.42 berevolusi dari CR.32 sebelumnya (dengan mesin yang lebih baik dan peningkatan aerodinamis) dan digunakan di Regia Aeronautica Italia dari tahun 1939 hingga Italia menyerah. Itu adalah pesawat tempur biplan Fiat terakhir yang memasuki layanan garis depan. Setelah Italia menyerah, ia diturunkan sebagai pelatih Angkatan Udara Bersama Italia.

Royal Air Force Museum menggambarkan CR.42 sebagai " mesin yang menyenangkan untuk terbang dan merupakan biplan terbaik yang beroperasi pada tahun 1940. " Pesawat ini dibuat dalam jumlah yang lebih besar daripada pesawat tempur Italia lainnya selama perang. 

CR.42 adalah pesawat tempur sesquiplane (biplan dengan sayap kedua yang jauh lebih kecil) dan merupakan pesawat tempur yang sangat kuat dan bermanuver. Namun pertempuran di Kepulauan Inggris menunjukkan kelemahan utamanya. Persenjataan ringannya berupa dua senapan mesin membuatnya tidak mampu menimbulkan kerusakan besar pada pesawat tempur RAF dan pesawat ini tidak lebih dari pesawat tempur Perang Dunia Pertama.

3. Macchi C.202 Lanjutan

Macchi C.202 Folgore

Photo :
  • simpleflying

Folgore sering dianggap sebagai pesawat tempur terbaik Italia pada Perang Dunia Kedua jika dibandingkan dengan Messerschmitt Bf. 109. Dianggap sebagai salah satu pesawat tempur terbaik Italia pada masa perang, Macchi C.202 Folgore hampir tidak dikenal di luar Italia. Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Smithsonian menyatakan " Pesawat ini menunjukkan bahwa Italia dapat merancang dan membangun pesawat tempur dengan standar kelas dunia ." 

Italia merupakan negara yang mempunyai armada penerbangan yang signifikan pada pertengahan tahun 1930-an, namun mulai tertinggal menjelang perang, terutama dalam hal mesin. Macchi C.202 dilengkapi dengan mesin berpendingin cairan Daimler-Benz DB 601 Jerman yang diimpor untuk mengimbangi hal ini.

C.202 mulai beroperasi pada Juli 1941, setahun setelah Italia berpartisipasi dalam perang. Pesawat ini membuktikan dirinya sebagai dogfighter yang mematikan dan dikerahkan di semua lini yang dilawan Italia. Rasio rasio kill/loss-nya telah dibandingkan dengan Messerschmitt Bf 109 yang legendaris. Setelah Italia menyerah, pesawat ini sebagian besar digunakan sebagai pesawat latih.

4. Savoia-Marchetti SM.79 Sparviero

SM.79 adalah pembom terkenal yang secara signifikan merusak operasi angkatan laut Sekutu di Mediterania. Savoia-Marchetti SM.79 Sparviero adalah pembom menengah dan pembom torpedo bermesin tiga, meskipun juga digunakan dalam peran lain. 

Commando Supremo mengklaim pesawat ini dianggap sebagai salah satu pesawat perang Italia yang paling mematikan dan berhasil merusak serta menenggelamkan puluhan kapal Sekutu di Laut Mediterania dan merupakan salah satu pembom torpedo darat terbaik dalam perang tersebut.

Meskipun U-boat menimbulkan kerusakan lebih besar pada Angkatan Laut Kerajaan Inggris, SM.79 dianggap sebagai penyebab tenggelamnya kapal perusak HMS Fearless , HMS Bedouin, dan HMAS Nestor (kapal perusak Australia). 

Mereka juga merusak kapal penjelajah Angkatan Laut Kerajaan dan kapal induk HMS Indomitable pada bulan Juli 1943 (tepat sebelum Italia keluar dari perang). Mesin Junkers Jumo 211 Jerman mendukung varian bermesin ganda SM.79JR dan dibuat dengan lisensi di Rumania.

5. Savoia-Marchetti SM.82 Marsupiale

SM.82 memiliki kapasitas pasukan 40 orang dan merupakan salah satu transportasi perang utama Italia. Savoia-Marchetti SM.82 Marsupiale adalah salah satu pesawat angkut utama Italia. Itu adalah pesawat pembom dan angkut bermesin tiga - meskipun jarang digunakan sebagai pembom. SM.82 memiliki kapasitas hingga 40 tentara dan bahkan tetap bertugas di Angkatan Udara Italia hingga awal tahun 1960an.

Pertama kali memasuki layanan pada tahun 1940, SM.82 digunakan dalam berbagai kampanye perang Italia. Luftwaffe Jerman bahkan mengoperasikan beberapa ratus SM.82 sebagai transportasi. Flugzeug menyatakan 721 SM.82 diproduksi dan muatan senjata serta muatan maksimumnya mencapai 8.818 lbs.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya