Irlandia Kini Punya Perdana Menteri Baru, Masih Berusia 37 Tahun

Perdana Menteri Irlandia yang baru, Simon Harris
Sumber :
  • BBC.co.uk

Irlandia – Politikus Simon Harris akan menjadi perdana menteri termuda Irlandia setelah perebutan kepemimpinan di partainya Fine Gael berakhir tanpa adanya kandidat lain yang maju. Dia mengambil alih posisi PM sebelumnya, Leo Varadkar, yang mengumumkan pengunduran dirinya yang mengejutkan “karena alasan pribadi dan politik” pekan lalu.

Sosok Jenderal Termuda di TNI, Ternyata Lulusan Akmil 1999 dan Berusia 47 Tahun

Harris ‘masih’ berusia 37 tahun, dan pernah menjabat sebagai sebagai menteri pendidikan tinggi, adalah satu-satunya kandidat ketika pencalonan ditutup pada jam 1 siang pada hari Minggu lalu, tetapi dia tidak akan menjadi Taoiseach (sebutan untuk pemimpin negara dalam Bahasa Irlandia) sampai tanggal 9 April ketika parlemen Irlandia, Dáil, dilanjutkan kembali setelah libur Paskah, melansir DW, Senin, 25 Maret 2024.

Dia menguraikan prioritas kepemimpinannya pada hari Minggu di konvensi seleksi di Athlone, County Westmeath, untuk memilih kandidat partai untuk pemilihan parlemen Eropa pada bulan Juni.

5 Negara Dengan Surplus Perdagangan Tertinggi di Dunia

Irlandia

Photo :
  • Businessinsider

Harris mengatakan dia ingin partai sayap kanan-tengah Fine Gael, yang kini memerintah bersama rekan-rekan konservatif Fianna Fáil dan partai Hijau, untuk kembali ke nilai-nilai inti negara, termasuk memberikan upah kepada pekerja, bersikap tegas terhadap hukum dan ketertiban, serta mendukung petani.

Simon Harris Becomes the Ireland's Youngest Prime Minister

“Fine Gael berarti mendukung bisnis, terutama usaha kecil di seluruh negeri ini. Fine Gael berarti memberikan upah bagi pekerjaan, untuk memastikan kami menghargai pekerjaan dan menghargai orang-orang yang pergi bekerja.” Yang disambut sorak sorai penonton, dia menambahkan: “Fine Gael mewakili hukum dan ketertiban.”

Dia juga mengatakan kepada para delegasi “Ini merupakan kehormatan mutlak dalam hidup saya” untuk terpilih sebagai pemimpin,”. Dia menutupnya dengan tepuk tangan meriah dengan mengatakan: “Saya siap untuk itu. Apakah kalian siap?"

Heather Humphreys, menteri perlindungan sosial, yang berasal dari daerah perbatasan pedesaan, diperkirakan akan ditunjuk sebagai wakil ketua partai tersebut.

Perdana Menteri Irlandia yang baru, Simon Harris

Photo :
  • BBC.co.uk

Harris tidak memberikan indikasi mengenai kemungkinan perubahan dalam jajaran menteri di Fine Gael. Namun ada spekulasi bahwa menteri yang tidak berniat mencalonkan diri pada pemilu berikutnya akan dicopot.

Seperti diketahui, secara tiba-tiba, Perdana Menteri Irlandia sebelumnya Leo Varadkar mengatakan dia akan mengundurkan diri sebagai pemimpin partai pemerintahan Fine Gael "Saya mengundurkan diri dari jabatan presiden dan kepemimpinan Fine Gael dan akan mengundurkan diri sebagai Taoiseach (perdana Menteri) segera setelah pengganti saya dapat menduduki jabatan itu,” kata Varadkar,

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya